Berita Purworejo

Juara Lomba Krenova Kabupaten Purworejo Tahun 2023 Terima Penghargaan

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Badan Perencanaan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Purworejo menyerahkan penghargaan kepada para juara Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Kabupaten Purworejo Tahu 2023 di Ruang Rapat Bappedalitbang Purworejo, Jumat, 22/12/2023. Penghargaan diberikan kepada juara lomba Krenova kategori pelajar, kategori umum, dan inovasi Perangkat Daerah.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA dan Kepala Bappedalitbang Purworejo Dr. Sukmo Widi Harwanto SH MM. Turut hadir kepala perangkat daerah se Kabupaten Purworejo, juri lomba Krenova, dan para pemenang lomba.

Dalam sambutannya Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA menyampaikan, Pembangunan daerah sebagai suatu proses yang berkelanjutan harus secara kongkrit dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, memperkuat kemandirian dan memajukan daerah. Saat ini kemampuan daerah adalah mengembangkan, memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan termasuk teknologi akan menjadi kunci keberhasilan pembangunan.

“Oleh karenanya pengembangan inovasi di Kabupaten Purworejo menjadi sangat penting menuju keberhasilan era ekonomi dan berdaya saing,” jelasnya.

Lebih lanjut Achmad Kurniawan menjelaskan bahwa peningkatan daya saing di Kabupaten Purworejo dapat terlaksana berkat dukungan segala sektor dalam penciptaan inovasi sehingga dapat bersaing dengan Kabupaten lainnya di Indonesia. Tercatat Kabupaten Purworejo mengalami peningkatan indeks daya saing daerah yang semula skornya 3,16 di tahun 2022 menjadi 3,676 di 2023, termasuk kategori tinggi yang mana penghargaanya berupa sertifikat yang baru kemarin diterima oleh Bupati Purworejo di Semarang.

Untuk memacu perangkat daerah dan masyarakat agar terus berinovasi dan mendongkrak indeks inovasi daerah, berbagai upaya telah dilaksanakan diantaranya adalah menyelenggarakan kompetisi inovasi bagi masyarakat maupun perangkat daerah. Kompetisi krenova ini telah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu, sementara untuk kompetisi inovasi Perangkat Daerah baru tahun ini diselenggarakan.

“Sampai dengan saat ini sudah tercatat kurang lebih 100 inovasi dari masyarakat dan 200 lebih inovasi perangkat daerah, namun demikian tantangan kita masih cukup berat mengingat kematangan inovasi-inovasi tersebut masih perlu upaya yang cukup besar untuk meningkatkannya” ungkapnya.

Sementara Kepala Bappedalitbang Purworejo Dr. Sukmo Widi Harwanto SH MM dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk memacu perangkat daerah agar terus menghadirkan inovasi-inovasi yang berkontribusi terhadap masyarakat dan juga mendongkrak indek Inovasi Daerah.

“Kita harapkan Perngkat Daerah mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang inovasi daerah tahun 2023 baik dari masyarakt maupun perangkat daerah Kabupaten Purworejo”ungkapnya.

Adapun juara 1 lomba Krenova kategori pelajar yaitu Fadilah Mubarak dari SMK 1 Purworejo dengan inovasi Smart Turing Signal, juara 2 Cantika Pinky Fuadya Putri, Fauzi Al Wahid, Mari Khasanah dari SMA 1 Purworejo dengan inovasi Alat pemberi pakan ikan otomatis, juara 3 Berlian Natasya, Nadin Anzilina Rohmati, Dini Fatma Riyadi, Acha Cintara Wibowo dari SMA N 6 Purworejo dengan inovasi pembuatan pupuk pestisida dari Temu Lawak.

Untuk juara 1 lomba Krenova kategori umum diraih oleh Retno Wasono Putro, S.Pd dengan inovasi  Aplikasi Karaoke IPA, juara 2 diraih oleh Marsiyem dengan inovasi Maristhone, dan juara 3 Zaidatul Mubarokah dengan inovasi Minicube Palm Sugar.

Hadiah yang diterima juara lomba Krenova kategori pelajar dan umum juara 1 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.8.343.000, juara 2 mendapatkan Rp. 6.779.000, dan juara 3 mendapatkan Rp. 5.125.000. Masing-masing juara juga mendapatkan piala dan piagam penghargaan.

Kemudian Inovasi Perangkat Daerah juara 1 diraih oleh Dinas Kesehatan, Juara 2 diraih oleh Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan juara 3 diraih oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Hadiah bagi para pemenang lomba yaitu satu buah laptop dan piagam penghargaan.

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....