Berita Purworejo

Kabupaten Purworejo Terima Penghargaan KIP Award 2023 Sebagai Badan Publik Menuju Informatif

Pemerintah Kabupaten Purworejo menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award tahun 2023 dari Komisi Informasi (KI) Jawa Tengah. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Dinkominfostasandi) Kabupaten Purworejo Yudhie Agung Prihatno SSTP MM hadir mewakili Kabupaten Purworejo menerima penghargaan yang diserahkan oleh Komisioner KI Provinsi Jateng Moh Asrofi, S.Pd.I pada Kamis Malam (22/12/2023) di Ballroom Patra Hotel Convention Semarang.

Kabupaten Purworejo menerima penghargaan sebagai Badan Publik dengan predikat “Menuju Informatif”, dengan skor 82, 22. Predikat ini juga diterima bersama Pemerintah Kabupaten/Kota lain di antaranya Kabupaten Magelang, Pekalongan, Jepara, Blora, Boyolali, Tegal, Pati dan Brebes.

Acara dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Drs. Nana Sudjana A.S., M.M sekaligus memberikan sambutan dalam acara ini. Hadir pula komisioner Komisi Informasi Pusat, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, dan para Kepala / pimpinan Badan Publik yang mendapatkan penghargaan.

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan KIP Award tahun 2023. “Mudah-mudahan KIP award ini memacu kinerja dalam melakukan pelayanan publik di instansi masing-masing. Sehingga semakin informatif dari waktu ke waktu. Terlebih Provinsi Jawa Tengah juga enam kali berturut-turut mendapatkan anugerah badan publik kategori informatif (dari Komisi Informasi Pusat),” kata Nana.

Sementara Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Indra Asoka Mahendrayana menjelaskan, monitoring dan evaluasi penelitian keterbukaan badan publik adalah agenda tahunan yang sudah dilakukan sejak tahun 2016. Tujuannya untuk mengetahui dan mengukur pelaksanaan keterbukaan informasi publik kepada badan publik melalui tahapan penilaian website dan media sosial kemudian pengisian kuesioner mandiri (SAQ), visitasi dan verifikasi serta presentasi uji publik.

Indra Asoka juga mengungkapkan, pada tahun 2023 Komisi Informasi Jawa Tengah telah melakukan monitoring dan evaluasi badan publik terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Kami melakukan monitoring dan evaluasi badan publik terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu terhadap 295 badan publik di lingkup Provinsi Jawa Tengah”, jelasnya.

Adapun badan publik yang menjadi obyek monev antara lain pemerintah daerah Kabupaten/Kota, SKPD Provinsi, rumah sakit Kabupaten/Kota, rumah sakit Provinsi dan Pusat, serta badan vertikal dan BUMD. Selain itu, pihaknya juga melakukan Monev terhadap badan publik penyelenggara pemilu yakni Bawaslu dan KPU Kabupaten Kota serta 86 Pemerintah desa yang diusulkan dari masing-masing Kabupaten.

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....