Berita Purworejo

Luncurkan Event Seni Bulan Penuh, Bupati Minta Seniman Bangkitkan Proses Kreatif

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH membuka dan meluncurkan event seni Bulan Penuh, di area Art Center, Sabtu malam (16/12/2023). Acara yang diinisiasi dari berbagai komunitas dan difasilitasi oleh Dinporapar ini, telah menjadi wahana ekpresi baru bagi para seniman dan kreator seni Purworejo. 

 

Ratusan penonton hadir untuk menyaksikan pertunjukan, tidak hanya dari Purworejo tetapi juga daerah lain seperti Magelang dan Yogyakarta. Selain kenal karya, Bulan Penuh juga dirangkai dengan diskusi seputar seni pertunjukan sebagai subsektor ekonomi kreatif.

 

Bupati menyampaikan apresiasi atas digelarnya Bulan Penuh. Ia berharap karya-karya seniman yang dikenalkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni.

 

"Untuk seluruh seniman dan pecinta seni, terus bangkitkan semangat dan proses kreatif, sehingga iklim berkesenian di Kabupaten Purworejo dapat lebih hidup. Mudah-mudahan seni budaya dapat tumbuh berkembang, sebagai penjaga ketahanan bangsa sekaligus menjadi salah satu penggerak roda ekonomi,” katanya.

 

Menurut Bupati, seni budaya merupakan sarana untuk membentuk jati diri dan karakter bangsa. Bangsa yang mempunyai karakter tidak akan mudah compang-camping dan terpecah belah.

 

"Ekonomi boleh melambat, politik boleh jatuh-bangun, tetapi jati diri dan karakter bangsa yang tercermin dalam budaya tidak boleh luntur," tandasnya.

 

Achmad Fajar Chalik salah satu inisiator sekaligus show director Bulan Penuh menerangkan bahwa seni pertunjukan di Kabupaten Purworejo, baik tradisi maupun kontemporer telah mendapatkan apresiasi dari masyarakat luas. 

 

"Bahkan telah banyak memiliki jangkauan ke kancah nasional hingga internasional, serta mengharumkan Purworejo.

Hal itu memantik kepedulian dari berbagai komunitas lintas disiplin seni untuk turut menjaga keberlanjutannya, antara lain melalui event terprogram Bulan Penuh ini." jelasnya.

 

Bulan Penuh edisi perdana menampilkan kenal karya dari 4 orang seniman. Masing-masing yakni seniman tari dan koreografer Wibi Supri Andoko dengan karya berjudul “Sih Dosakala”, seniman musik Dwi Suryanto SPd MPd dengan karya berjudul “Harmoni untuk Negeri”, seniman musik Gigih Tata Buana Surya dengan karya berjudul “Love and Humanity”, dan seniman teater Akhmad Syarofuddin yang menyuguhkan monolog “Hasta Brata” karya Chandra Harjito.

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....