Berita Purworejo

Kukuhkan Pengurus Pewarta Purworejo, Plt Bupati Ajak Dukung Program Pemerintah

Plt Bupati Purworejo H Yuli Hastuti SH mengukuhkan 26 Pengurus Pewarta Purworejo Periode 2023-2026, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, Rabu malam (22/11/2023). Hadir Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, perwakilan Forkopimda, Kepala OPD, Camat, dan sejumlah tamu undangan.
Hj Yuli Hastuti SH menyampaikan selamat dan sukses atas dikukuhkannya Pengurus Pewarta Purworejo Periode Tahun 2023-2026. Sehingga diharapkan Pewarta Purworejo dapat turut serta mensukseskan program-program pemerintah khususnya Kabupaten Purworejo. "Semoga Pewarta Purworejo semakin solid dan tak henti mendukung pembangunan Kabupaten Purworejo di segala bidang," ucapnya.
Menurutnya, keberadaan pers atau media massa dalam pembangunan sangat penting dan strategis, terutama untuk mencerdaskan masyarakat serta menjadi alat kontrol sosial yang efektif. Sehingga tidak berlebihan apabila lembaga pers dijuluki sebagai pilar keempat demokrasi selain eksekutif, legislatif dan yudikatif. "Saya mengajak insan pers di Kabupaten Purworejo utamanya yang tergabung dalam wadah Pewarta Purworejo, untuk meningkatkan kerjasama yang baik, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat," harapnya.
Hj Yuli Hastuti SH juga menyampaikan pesan untuk Pewarta Purworejo sebagai paguyuban wartawan yang bertugas di Kabupaten Purworejo. Agar dalam menjalankan tugasnya tidak mengabaikan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers serta menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik.
"Terima kasih kepada semua anggota Pewarta Purworejo dengan penuh dedikasi menjalankan tugas jurnalistiknya. Peran pewarta dalam menginformasikan masyarakat sangatlah penting, karena masyarakat memiliki hak, mendapatkan informasi akurat berimbang dan terhindar dari hoaks," tandasnya
Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Pewarta Daniel Raja Here menyampaikan visi Pewarta Purworejo yaitu mewujudkan pewarta yang independen, profesional, solid, dan bermartabat. Ia juga menjelaskan bahwa fungsi pers dalam pengawasan dan informasi perlu diperkuat di era digital saat ini, untuk mengurangi penyebaran hoaks yang terus berkembang di media sosial.
"Tema yang diambil dalam acara pengukuhan ini adalah Pers Bermartabat Purworejo Demokratis dan Berdaulat. Hal ini relevan dengan komitmen Pewarta Purworejo untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder terutama menjelang pesta demokrasi mendatang," pungkasnya.
Sedangkan Ketua PWI Purworejo Aris Himawan dalam orasi persnya berharap, semua anggota pewarta dapat mengikuti uji kompetensi sesuai dengan arahan Dewan Pers. "Semoga Pewarta semakin eksis, berjuang mewujudkan pers bermartabat di Kabupaten Purworejo. Junjung tinggi kewartawanan dan bekerja sesuai dengan pekerjaannya." Tandasnya.


Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....