Seputar Aneka Ragam

PKK diminta koordinasi dengan jajaran pemerintah

 

“Namun dalam pelaksanaannya, saya berharap tetap memperhatikan situasi dan kondisi serta prioritas dari masing-masing daerah,” tandas Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny.Fatimah Ferena Prihastyari SE pada resepsi Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 44 Kabupaten Purworejo, di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Selasa ( 31/5).

Ny.Fatimah Ferena Prihastyari yang membacakan sambutan Ketua umum TP PKK Pusat tersebut, juga mengharapkan  kepada seluruh jajaran Tim penggerak PKK agar dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, janganlah merasa berat dan jangan pula menjadi beban dalam mengabdikan untuk ikut meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat. “Pengalaman dan dedikasi PKK selama lebih dari empat dasawarsa, harus tetap kita pertahankan  dan bahkan terus kita gelorakan pada masa-masa yang akan datang,” harapnya.

Resepsi  HKG PKK ke 44 itu, ditandai dengan potong tumpeng yang dilakukan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH dan diserahkan kepada Ketua TP PKK Ny.Fatimah Ferena Prihastyari SE kemudian diserahkan kepada Kepala BKBPM Sumharjono S.Sos MM. Sekaligus penyerahan piala dalam berbagai lomba untuk memperingati HKG PKK ke 44.

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, peringatan HKG ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial saja, namun dapat menjadi momentum untuk semakin memperkuat tekad dan semangat kita dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan membangun sumberdaya manusia. Berbagai desain program dan kegiatan yang dicanangkan dan dilaksanakan oleh TP PKK, telah dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Dimana PKK telah mampu menjadi ujung tombak dan mitra aktif pemerintah dalam menghadirkan kesejahteraan masyarakat. Dan hal ini senantiasa dibuktikan melalui program yang mampu menyentuh dan melibatkan kaum perempuan secara merata, mulai dari daerah perkotaan hingga pelosok pedesaan.

Namun demikian lanjut Yuli Hastuti, pekerjaan kita belum berakhir karena realitas saat ini menunjukan bahwa kita sedang dihadapkan dengan segudang tantangan dalam dimensi global seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia, dan mempekerjakan anak-anak dibawah umur. “Untuk menjawab realitas dan tantangan tersebut, tentunya berbagai upaya dan langkah konkrit harus turut dimantapkan dan ditingkatkan, melalui komitmen dan semangat kebersamaan dalam kerangka peningkatan kualitas hidup bagi perempuan dan anak dalam kesatuan keluarga,” harapnya.

Ketua panitia Ny.Sri Marhaeni Setyarso Widodo mengatakan, dalam rangka peringatan HKG PKK ke 44 dilaksanakan berbagai kegiatan antara lain,  mengadakan talk show pajak PBB, anjangsana, pelatihan keterampilan bagi remaja, lomba penyluhan KDRT, lomba UP2K, lomba apresiasi bunda PAUD, lomba hatinya PKK, Toga dan prosessing paska panen, dll. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran kader TP PKK serta masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksankan program PKK dan bis aterus aktiof mendukung kegiatan PKK.

Sementara itu Sumharjono menjelaskan, kader PKK juga untuk mendata Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), karena akan ada bantuan rehap rumah yang tidak layak huni. Terutama dilihat dari atap, lantai, dan dinding yang tidak layak.  Untuk rehap akan dibantu Rp.10 juta. Sedangkan dalam peningkatan ekonomi keluarga juga akan dibantu modal untuk industri rumah tangga. “Untuk bantuan modal usaha ini, akan dilihat dulu untuk usaha apa dan harus berlangsung terus. Artinya tidak hanya membuat criping pada saat lebaran saja,”  kata Sumharjono sambil  menjelaskan untuk RTLH dan modal usaha difokuskan pada 32 desa binaan.


 

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....