Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bintek Aplikasi e-BMD Sesuai Permendagri Nomor 47 Tahun 2021

Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Aplikasi e-BMD Sesuai Permendagri Nomor 47 Tahun 2021, Senin (2/10/2023). Bertempat di Gedung Pertemuan Ganesha Hall Kabupaten Purworejo, bintek akan dilaksanakan selama dua hari.

Hadir Kepala BPKPAD Agus Ari Setiyadi SSos, Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah Sri Mulyani SPd Macc, Tim LPPIA Universitas Indonesia dan para Pengurus Barang Perangkat Daerah dan Bidang PBMD BPKPAD Kabupaten Purworejo.

Sekda Said Romadhon saat memberikan pengarahan mengatakan, Permendagri ini memberikan template dokumen penatausahaan Barang Milik Daerah secara menyeluruh. Sehingga diharapkan transaksi atau langkah-langkah penatausahaan aset daerah menjadi lebih teratur didukung dengan dokumen persyaratan sesuai peraturan ini.

Berdasarkan Bagian Penutup dari Permendagri tersebut, lanjutnya, telah disampaikan bahwa Permendagri wajib dipedemoni oleh Pemerintah Kota dan Kabupaten maksimal dua tahun setelah diundangkan. Sehingga terhitung Tahun 2023 adalah tahun terakhir penerapan di Pemerintah daerah.

“Harapannya Pemkab Purworejo dapat segera melaksanakan implementasi Permendagri tersebut. Baik dari pembukuan, inventarisasi dan pelaporan yang diaktualisasikan dalam penyusunan laporan keuangan daerah Tahun Anggaran 2023. Jadi pergunakan waktu yang dua hari ini dengan baik, karena sudah jauh-jauh mendatangkan ahlinya langsung dari jakarta,” kata Sekda.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah Sri Mulyani SPd Macc menjelaskan, dengan terbitnya Permendagri Nomor 47 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan Barang Milik Daerah sebagai Pengganti Permendagri Nomor 17 Tahun 2007, maka Sistem Aplikasi yang membantu dalam Penatausahaan berganti dari SIMDA BMD ke Aplikasi e-BMD.

“Aplikasi e-BMD yang dibangun oleh Bina Keuangan Daerah Kemendagri bekerjasama dengan LPPIA Universitas Indonesia ini berbasis WEB, sehingga akan lebih mampu digunakan oleh pengguna dimanapun berada dan kapanpun,” terang Sri.

Lebih jauh Sri menjelaskan bahwa Aplikasi e-BMD lebih mudah dipelajari dan diimplementasikan, sehingga diharapkan seluruh Pengurus Barang di Perangkat Daerah dapat mengikuti dan memahami materi yang aplikatif pada saat mengikuti bintek.

“Dengan Aplikasi e-BMD yang mudah digunakan ini, diharapkan akan mendorong penatausahaan barang milik daerah yang lebih cepat, akurat dan akuntabel. Nantinya, dalam penyusunan LKPD TA 2023 sudah berbasis Implementasi Permendagri Nomor 47 Tahun 2021 dengan menggunakan Aplikasi e-BMD ini,” imbuh Sri.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....