Berita Purworejo

Hadiri World Cleanup Day, Wabup Minta Semua Pihak Peduli Lingkungan

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri gerakan aksi bersih-bersih dunia atau World Cleanup Day (WCD) 2023 yang dipusatkan di Pantai Ketawang Indah, Kecamatan Grabag, Sabtu (23/9/2023). Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Wiyoto Harjono ST serta Forkopimcam Grabag. Kegiatan yang diawali apel bersama ini, diikuti berbagai unsur seperti, Danposal TNI AL Purworejo,  Polsek Grabag, Koramil Grabag, BPBD, Dinporapar, Komunitas Mangrove, Pokdarwis Jaya Ketawang serta Pramuka Saka Kalpataru.

Wabup mengatakan sangat mendukung kegiatan yang mengangkat tema ”Kami 13 Juta Relawan Bijak Kelola Sampah Menuju Indonesia Bersih”, sebagai momentum untuk lebih menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan utamanya terkait persoalan sampah.

“Saya ingin mengapresiasi semua sukarelawan, organisasi masyarakat, dan pihak-pihak terkait yang telah berperan aktif dalam upaya membersihkan dan menjaga lingkungan kita,” ungkapnya.

Melalui momentum WCD ini, Wabup berharap  persoalan sampah dapat tertangani dengan sebaik-baiknya, demi terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kabupaten Purworejo memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan berbagai sumber daya alam yang kaya dan beragam. Namun, kita juga dihadapkan pada berbagai tantangan lingkungan, termasuk masalah sampah dan polusi. Oleh karena itu, acara WCD ini bukan hanya sebuah kegiatan rutin, tetapi juga merupakan panggilan untuk bertindak,” tandasnya.

Menurutnya, saat ini Pemerintah terus melakukan kajian dan aksi terkait penanganan sampah. Antara lain terhadap produk-produk yang menghasilkan sampah, sehingga pemerintah memberlakukan kebijakan mengurangi plastik dengan bahan yang bisa didaur ulang. Upaya lainnya adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai penghasil sampah, agar mempunyai kepedulian mengelola sampah yang dihasilkan.

"Selain itu, juga mendorong masyarakat untuk memungut dan memilah sampah yang sudah ada, untuk didaur ulang menjadi berbagai produk yang bernilai ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat, " paparnya.

Wiyoto Harjono dalam laporan penyelenggaranya menyampaikan bahwa kegiatan apel WCD, dilanjutkan dengan aksi nyata pungut sampah plastik di sekitar Pantai Ketawang Indah.

"Untuk  selanjutnya sampah plastik yang sudah  terkumpul akan ditimbang sebagai laporan ke Kementrian LHK disatukan dengan laporan hasil aksi yang dilaksanakan oleh sekolah-sekolah dan instansi-instansi yang sudah terlebih dahulu diberi edaran untuk ikut berpartisipasi," pungkasnya.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....