Berita Purworejo

Wabup Buka Kembali Pasar Menoreh, Sekaligus Peringati Hari UMKM Nasional

Sedayu(12/08) Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH hadir dalam acara Hari UMKM Nasional ke 8 dan pembukaan kembali Pasar Menoreh. Pembukaan Pasar Menoreh ditandai  penandatanganan prasasti dan pemukulan gong dibarengi dengan merebutkan gunungan hasil bumi oleh warga masyarakat, di lapangan Desa Sedayu Sabtu (12/08/2023)

Tampak hadir Anggota DPRD Purworejo komisi III Mustakim, Direktur utama BOB diwakili oleh Direktur keuangan Ramlan Kamarullah, Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM, Kepala Dinkukmp Gatot Suprapto SH, Kepala DP3APMD Laksana Sakti AP MSi, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM, Kepala Dinperintransnaker Ir Hadi Pranoto, Ketua forum UMKM Purworejo Hesti Respatiningsih SE Mpar, camat se-kabupaten Purworejo, segenap tamu undangan dan warga masyarakat.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengucapkan selamat hari UMKM nasional ke 8 tahun dan mengapresiasi kerja keras warga masyarakat Desa Sedayu yang telah mengaktifkan Pasar Menoreh kembali, setalah beberapa waktu lalu mati suri.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Purworejo, saya mengucapkan selamat Hari UMKM Nasional  Ke 8 Tahun 2023. Peringatan Hari UMKM Nasional yang diwarnai berbagai kegiatan ini, menjadi momentum bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk lebih bersemangat dalam mengembangkan usahanya. Apresiasi untuk warga Sedayu yang bekerja keras mengaktifkan kembali Pasar Menoreh setelah sempat mati suri akibat terdampak pandemi Covid-19," ucapnya

Dikatakan lebih lanjut oleh Wakil Bupati  jumlah UMKM di Kabupaten Purworejo tercatat 54.862 unit usaha, dengan aset  Rp 153 milyar dan omzet Rp 1,2 triliun. Potensi ini harus terus dikembangkan melalui berbagai terobosan dan media promosi, agar produk-produk unggulan UMKM dapat semakin dikenal. 

"UMKM harus terus diberdayakan, karena  mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, UMKM terbukti mampu bertahan dari berbagai macam krisis ekonomi. Untuk itu pelaku UMKM juga mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, yaitu memanfaatkan teknologi, diantaranya platform digital agar dapat mengakses informasi dan jaringan yang luas," ujarnya 

Sementara itu Camat Loano Andang Nugerahatara Sutrisno SSTP MSi mengatakan Hari UMKM Nasional dan pembukaan kembali Pasar Menoreh yang diselenggarakan bersamaan dapat membawa kenaikan ekonomi warga masyarakat. 

"Harapan kami, dengan dibukanya pasar menoreh ini akan memberikan dampak positif untuk warga masyarakat Desa Sedayu, dalam bidang ekonomi," ucapnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara Hari UMKM Nasional ke 8 dimulai pukul 09:27 WIB dengan kirab gunungan yang diarak. Kemudian rombongan kirab gunungan sampai di Pasar Menoreh dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Purworejo dan Mars UMKM. Setelah itu dilaksanakan penyerahan sertifikat halal dengan jumlah 6 sertifikat. Kemudian dilaksanakan penandatanganan prasasti, dilanjutkan pemotongan tumpeng. Semua penyerahan dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati Purworejo didampingi oleh pejabat terkait

 

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....