Berita Purworejo

Dukung Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemkab Purworejo Bagikan Bendera Gratis

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan pembagian bendera merah putih secara gratis kepada masyarakat. Kegiatan itu juga dilaksanakan guna menyukseskan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023.

Bendera merah putih dibagiakan kepada masyarakat di sekitar Alun-alun Purworejo, kemudian dilanjutkan ke beberapa desa, kelurahan, pasar, dan tempat-tempat umum lainnya. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa patriotisme masyarakat agar tidak pudar.

Kegiatan pembagian bendera ini merupakan tindak lanjut surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri RI nomor 400.10.1.1/1965/SJ tanggal 7 April 2023 tentang Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023.

Untuk mensukseskannya, masing-masing perangkat daerah menyumbangkan bendera yang kemudian dibagiakan kepada masyarakat untuk dipasang.

“Ada 1.000 bendera dari OPD yang kita bagikan, dan masyarakat kami minta untuk langsung memasang,"kata Sekretaris Badan Kesbangpol Fatqur Rochman SSos MAP di sela-sela pembagian bendera, Senin, 7/8/2023.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo untuk ikut meramaikan gerakan ini dan memasang bendera merah putih selama satu bulan penuh pada bulan Agustus. Menurutnya, gerakan semacam ini sangat penting untuk menggugah rasa cinta tanah air dan untuk meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia, terutama di Kabupaten Purworejo.

Dijelaskan, acara puncak Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera akan dipusatkan di kawasan wisata Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada tanggal 11 Agustus 2023. Perwakilan dari Kesbangpol Purworejo dan Satpol PP Purworejo juga akan menghadiri acara tersebut.

Sementara Wasono selaku Kepala Desa Pasar Anom Kecamatan Grabag mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Purworejo yang telah membagikan bendera merah putih gratis kepada masyarakat. Bendera tersebut nantinya akan dipasang di tempat strategis sepanjang jalan dan diberikan kepada warga yang belum mempunyai bendera.

Hal senada juga diungkapkan Wanti, salah satu warga yang menerima bendera di Pasar Grabag. Menurutnya pembagian bendera merah putih ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa cinta NKRI dan menyemarakkan bulan kemerdekaan. “Nanti bendera ini akan dipasang di depan rumah untuk menggantikan bendera saya yang warnanya sudah kusam”,jelasnya.

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....