Berita Purworejo

Berlangsung Dua Hari, Gebang Expo 2023 Dibuka Wabup

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH membuka acara Gebang Expo 2023, di lapangan depan kantor Kecamatan Gebang, Sabtu (08/07/2023). Tampak hadir Direktur Pelaksana BOB yang diwakili Kepala Divisi PemasaranMancanegara Putut Bayu Santiko, Kepala DinKUKMP Gatot Suprapto SH, Kepala DP3APMD Laksana Sakti AP MSi, Kepala Dinsosdaldukkb Ahmad Jaenudin SIP, Ketua Forum UMKM Kabupaten Purworejo Dr Hesti Respatiningsih SE MPar, serta Forkopimcam Gebang.

 

Dalam sambutannya Wabup berharap Gebang Expo 3023 dapat mendukung pemulihan dunia usaha, membangkitkan sektor riil, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan. Wabup juga berharap event ini dapat menjadi wahana bagi youth enterpreuner Kecamatan Gebang, untuk  mengaktualisasikan kemampuan mereka dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

"Hal ini selaras dengan tema Gebang Expo 2023 yakni BLANGKON EMAS BANG JOSH yang merupakan akronim dari Bangkitkan Langkah Kompetitif dan Inovatif Ekonomi Masyarakat Gebang yang Jujur Orisinil Semangat Humanis," ucapnya.

 

Wabup menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Purworejo telah melaunching aplikasi Larisi Purworejo beberapa waktu lalu. Ini merupakan aplikasi marketplace yang dapat digunakan untuk bertransaksi online oleh masyarakat Purworejo, sehingga diharapkan dapat menjembatani UMKM lokal Purworejo dalam bertransaksi secara online.

"Keberadaan UMKM memang harus terus diberdayakan, karena selain mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ternyata UMKM juga terbukti mampu bertahan dari berbagai macam krisis ekonomi," tegasnya.

 

Hal yang tidak terduga, Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM secara mendadak berkenan untuk mengunjungi Gebang Expo 2023 secara khusus, padahal sebelumnya diinformasikan bahwa beliau sedang dinas luar. Bupati tiba di lokasi sebelum kesenian kuda kepang dimulai. Kemudian langsung mengunjungi semua stand UMKM yang disediakan oleh panitia Gebang Expo. Bupati Agus Bastian pada setiap stand UMKM selalu melarisi, bahkan di stand pertama langsung memborong produk UMKM.

 

Ditemui setelah mengunjungi semua stand yang ada, Bupati mengungkapkan kegiatan Gebang Expo 2023 sangat perlu didukung. Karena kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan pengusaha-pengusaha UMKM, dengan demikian usaha-usaha yang ada di Kecamatan Gebang ini akan tumbuh dan berkembang.

"Produk-produknya perlu disuport, dan kegiatan ini dapat menjadi wahana hiburan untuk masyarakat, sehingga perlu dilakukan secara periodik 1 tahun sekali misalnya," harap Bupati.

 

Sementara itu Camat Gebang Vivin Suryandari Feriyana SSTP MM menjelaskan, berawal dari sebuah semangat untuk merealisasikan visi misi Bupati Purworejo dan menyambut proyek strategis nasional Bendungan Bener. Tercetuslah sebuah aksi perubahan Blangkon Emas Youth Entrepreneur di Kecamatan Gebang.

"Kami bersama-sama wirausahawan muda melangkah menciptakan sebuah usaha yang kompetitif, berani bersaing dengan luar negeri dan inovatif. Dengan menciptakan kreasi baru diversifikasi produk secara berkala, Gebang Expo 2023 merupakan pionir pergerakan ekonomi masyarakat sebagai simbol semangat." Tandasnya.

 

Acara Gebang Expo dimulai tepat pukul 09:17 WIB diawali dengan welcome dance dolalak dari siswa SD N Seren. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Purworejo. Setelah itu dilanjutkan penyerahan surat Nomor Induk Berusaha (NIB) secara langsung oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH kepada 10 penerima. Kemudian Gebang Expo 2023 dibuka, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH didampingi pejabat terkait. Gebang expo akan berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 8-9 Juli 2023.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....