Seputar Aneka Ragam

DWP Bantu Pengembangan Wisata Mangrove Gedangan

Bantuan tersebut diserahkan Ketua DWP Kabupaten Purworejo Ny.Sri Yuni Astuti Tri Handoyo kepada Kepala Desa Gedangan Supoyo, di sekretariat  Kelompok Tani Mangrove Demang Gedi di RT 3 RW 1 Desa Gedangan Kecamatan Purwodadi (9/10). Hadir pula penasehat DWP Ny.Riri Fatimah Verena Prihastyari SE, dan sejumlah pengurus DWP sekitar 70 orang.

Menurut Ny.Sri Yuni Astuti Tri Handoyo, kunjungan di beberapa wisata desa ini dalam rangka kegiatan capacity building DWP Kabupaten Purworejo dengan tema membangun integritas manusia dan alam sekitarnya. Tujuannya untuk mencintai alam sekitar melalui pengenalan wisata alam yang ada di sejumlah desa di Kabupaten Purworejo. Disamping itu pengurus maupun anggota DWP dapat berperan dalam mempromosikan wisata daerah sendiri. Rencananya bertahap, untuk mengunjungi wisata desa yang ada di Purworejo.

Menurut Ny.Tri Handoyo, seperti mangrove ini memiliki potensi yang sangat bagus, bahkan tidak kalah dengan wisata mangrove yang ada di daerah lain. Hanya saja masih sangat membutuhkan berbagai fasilitas, termasuk akses menuju lokasi. “Kami bersama pengurus ikut peduli, sehingga secara spontan mengumpulkan dengan uang pribadi dan alhamdulillah bisa terkumpul satu juta rupiah. Namanya spontan tentu tidak banyak apalagi sifatnya pribadi, mudah-mudahan kepedulian kami secara spontan ini, dapat membantu untuk menambah penghijauan di TEM. Sehingga keseimbangan alam dapat terjaga dengan baik,” harapnya.

Dijelaskan, kegitannya ini meliputi outbond dan senam sehat yang dipandu Direktur Inner Motivation Purworejo Drs.Pram Prasetyo Achmad MM, di Pantai Jatimalang, melihat cara tanam bibit, juga cara tanam mangrove.

Penasehat DWP Ny.Riri Fatimah Verena Prihastyari SE menyambut positif kegiatan capacity building yang diprakarsai pengurus DWP. Ini sesuai dengan salah satu rencana program pembangunan Kabupaten Purworejo dalam pemberdayaan potensi desa untuk merintis wisata desa. Peran DWP yang memiliki anggota sampai di tingkat desa seperti istri Sekdes, sangat tepat untuk ikut andil dalam pengembangan wisata desa. Salah satunya dengan mengenalkan dan mendukung promosinya.

Dikatakan Ny.Riri, kegiatan capacity building DWP yang mengangkat tema membangun integritas manusia dan alam sekitarnya, ini diharapkan dapat menjadikan alam sekitar sebagai sahabat manusia yang harus disayangi, dirawat, sehingga sama-sama saling membutuhkan. Dengan demikian Insya Alloh dapat menjadikan ketenangan juga kesejahteraan bagi masyarakat disekitarnya,”  harap Ny.Riri.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut, juga diisi edukasi tentang tanaman mangrove yang dipaparkan Ketua Komunitas Mangrove Purworejo (Komangjo) Sapto Pamungkas. Menurut Sapto, tanaman mangrove Desa Gedangan di sepanjang pinggir sungai mencapai puluhan ribu pohon dengan luas 15,6 hektare. Untuk buah mangrove dapat diolah menjadi aneka kue, tepung, sirup, dodol, dan lainnya. “Sedangkan mangrove mulai berbuah sekitar tiga tahun sejak tanam, dan baru bisa dipanen,” jelas Sapto yang didampingi pembina Komangjo R.Imam Ciptadi.

Selain edukasi, pengurus DWP melakukan penyusuran sungai yang ditanami mangrove dengan menggunakan transportasi speed boat dan sampan. Pada kesempatan itu Ketua DWP memberikan cenderamata kepada Kades Gedangan dan Ketua Komangjo.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....