Berita Purworejo

Rakor dan Halal Bihalal TP PKK Kabupaten Purworejo bersama TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Purworejo

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Purworejo dan TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Purworejo melaksanakan Rapat Koordinasi sekaligus silaturahmi atau halal bihalal di Aula Gedung PKK Kabupaten Purworejo, Rabu (10/5). Rakor dipimpin oleh Ketua TP PKK Hj Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE. Hadir pula wakil ketua PKK Dra Erna Setyowati Said Romadhon, Dra Titik Mintarsih, MPd, Ir Nurul Pram Prasetyo, MM.

Sebelum acara halal bihalal dimulai didahului dengan penyampaian rencana kerja kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tahun 2023 dari Pokja I, Pokja II, Pokja III, dan Pokja IV. 

Dalam laporannya sekretaris TP PKK Kabupaten Purworejo, Maini Widarto mengungkapkan ada 18 kegiatan yang akan dilaksanakan. 5 kegiatan diantaranya pelantikkan ketua Tim Pengerak PKK Kecamatan yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023, peningkatan kapasitas Tim Pengerak PKK desa sebanyak 250 orang, verifikasi 10 program pokok PKK bulan Juli 2023 di 16 desa binaan, lomba tertib administrasi tingkat Kabupaten dengan sasaran tim pengerak PKK desa dan Kecamatan.
Kesempatan selanjutnya, Harnito Fani dalam laporannya menyampaikan bahwa program kerja 2023 ada beberapa hal antara lain sosialisasi bela negara bekerja sama dengan Kodim, sosialisasi bahaya penanggulangan Narkoba, sosialisasi Kesehatan reproduksi remaja, juga pelaksanaan Program Gotong royong, disamping itu Pokja I bekerja sama dengan DPPKAD akan melaksankan sosialisasi PBB. 

Sementara itu, Ani Sigit mengatakan bahwa program kerja Pokja II meliputi pembinaan dan monitoring kampanye gerakkan membaca pada tingkat Kecamatan pada bulan September 2023, ketrampilan untuk anakku sekolah dari 16 Kecamatan masing 3 orang dari tiap Kecamatan, pendataan keluarga pada bulan April dan Mei, monitoring kegiatan kerajinan Bambu,bimtek pelatihan UP2K, merintis toko PKK, pembinaan rintisan Koperasi pada 16 Kecamatan, mengirimkan 10 peserta pelatihan manajemen.

Pokja III, Ros Warjito menyampaikan beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya raker dan monitoring kampung cantik yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan, pengelolaan hasil pasca panen, lomba menu dan kudapan B2SA yang akan bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian, lomba rumah sehat hatinya PKK meskipun belum bisa dilaksanakan, disamping itu Pokja III juga menekankan tentang bagaimana pemanfaatan lahan pekarangan mulai peternakkan, perikanan, warung hidup, obat keluarga, lumbung hidup, tanaman keras dan tanaman-tanaman yang bersifat spesifik .

Sri Wardani mengungkapkan Pokja IV memiliki beberapa program kesehatan diantaranya penanganan stunting, perencanaan sehat, sosialisasi gerakkan keluarga tanggap tangguh bencana, pelestarian lingkungan hidup. Ikrar halal Bihalal disampaikan Sukowati AMd, ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kemiri.

Selanjutnya, Hj Fatimah Verena selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo mengajak seluruh hadirin untuk saling memaafkan.“saya bersama seluruh jajaran TP PKK Kabupaten Purworejo menyampaikan selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriyah, acara halal bihalal ini tujuan utamanya supaya kita saling bermaaf-maafan. Semoga kita diberi kesempatan menjalankan ibadah di bulan Ramadan tahun depan dan tetap istiqomah dalam beribadah pada bulan-bulan selanjutnya” tuturnya.

Lebih Lanjut Hj Fartimah mengingatkan agar tidak berlama-lama terlena dengan suasana lebaran dan harus segera menggerakkan kembali para kader di setiap jenjang kepengurusan “sesegera mungkin untuk menggerakkan Kembali Tim Penggerak PKK Purworejo, kita akan mulai start bulan Mei sambil menunggu proses dari masing-masing bidang” imbuhya. 

Disela-sela halal bihalal juga diisi dengan pemberian Tali Asih kepada Tim Penggerak PKK yang purna tugas yaitu Hj Hatiti Sukoso, Dra Hj Widyoprayitno, dan Gondosumaryo.

Tauziyah dibawakan oleh Hj Muhlihah S Si. Disebutkan ada empat hal yang harus dilakukan setelah kita melepas bersama bulan suci Ramadhan yaitu bersyukur kepada Allah, Meminta Qobulul amal, memohon ampun kepada Allah, dan istiqomah menjaga ketaatan.

Kegiatan diakhiri dengan jabat tangan dan ramah tamah Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo dengan TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Purworejo.

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....