Seputar Aneka Ragam

Desa Wadas Bener Jadi Yang Pertama Lunas PBB 2017

Pada tahun 2016, Kecamatan Bener meraih urutan ke enam sebagai kecamatan yang telah lunas PBB. Camat Bener Makin Mubadzir SH berharap, kecamatan Bener akan meraih peringkat lebih baik dari tahun sebelumnya dalam hal pelunasan Pajak.

“Target tahun 2017, saya ingin Kecamatan Bener bisa lunas dan naik peringkatnya dari enam menjadi peringkat tiga,” kata Mubadzir usai acara pembayaran PBB tahun 2017 melalui Kelompok Dasa Wisma (Dawis) se Desa Wadas di Kantor Desa Wadas Kecamatan Bener, Senin (16/01).

Hadir pula dalam acara, Kabid Pajak Bumi Dan Bangunan Dan Biaya Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan BPPKAD Hadi Sadsila SP MM,  Muspika Kecamatan Bener, perwakilan Bank Jateng Kanca Purworejo, Ketua Penggerak PKK Desa Wadas dan Kelompok Dawis se Desa Wadas.

Mubadzir menjelaskan, pihaknya akan melakukan beberapa langkah Untuk mencapai target tersebut. Salah satunya dengan memastikan semua desa mengaktifkan tabungan PBB di semua Dawis. Menurutnya, tabungan PBB akan dapat memudahkan warga dalam melunasi PBB.

“Langkah-langkah yang akan dilakukan adalah memastikan semua desa mengaktifkan semua Dawis, harus melakukan tabungan PBB. Karena ternyata dengan tabungan PBB malah mudah sekali dalam mencapai lunasnya. Dengan tabungan itu, gerakan perempuan ternyata lebih efektif setelah kita bandingkan dengan tahun-tahun yang lalu,” ujarnya.

Namun, pihaknya masih menemui beberapa kendala dalam melakukan langkah-langkah percepatan pelunasan PBB. Yakni, masih adanya beberapa desa yang belum menyadari manfaat tabungan PBB. “Masih ada 10 desa dari 28 desa yang belum aktif lewat dawisnya. Walaupun semua desa sudah ada dawisnya, tetapi belum semua dawis menerapkan tabungan PBB,” terangnya.

Mubadzir menambahkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada seluruh kepala desa di Kecamatan Bener agar menerapkan tabungan PBB pada seluruh Wawis diwilayahnya.  Ia menargetkan, pada bulan Agustu,  semua desa di Kecamatan Bener lunas PBB tahun 2017.

“Jadi target kami sampai dengan bulan April. Selama dua bulan ini nanti saya sudah harus sosialisasi, memastikan kepada seluruh kepala desa sudah memanfaatkan dawis untuk pelunasan PBB. Target bulan Agustus semua desa sudah lunas,” tegasnya.

Sementara itu, Rita Setyimihayu AMd selaku Kepala Desa Wadas menjelaskan, penarikan tabungan untuk pelunasan PBB dilakukan oleh 14 Dawis se Desa Wadas. Ia berharap, program yang baik ini dapat terus dilanjutkan walaupun nantinya terjadi pergantian Kepala Desa.

“Kita sudah jalan tiga tahun dan selalu menjadi yang pertama di Kecamatan Bener lunas PBB. Harapan kedepan, ini tetap berjalan, siapun yang akan memimpin Wadas nanti. Menurutnya, program ini dirasa sudah ada manfaatnya dan bagus. Hal ini karena dengan adanya tabungan, warga tidak ada yang merasa terbebani adanya PBB.

Dikatakan, dari jumlah 3.117 lembat SPT, besaran PBB yang harus dibayarkan menurun dari tahun sebelumnya. Hal ini terjadi karena, pihak desa pernah melakukan gugatan pajak terkait kesalahan pencantuman angka pada SPT.

“Ada penurunan PBB sedikit, dari Rp. 22.237.000,- sekarang menjadi 21.556.959,-. Kami memang sempat melakukan gugatan pajak karena ada yang salah dalam pencantuman di SPT, ada kelebihan Rp. 00. Ini yang menyebabkan nilai PBB yang dibayarkan turun dari tahun kemarin,” jelas Rita.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....