Berita Purworejo

DWP Kabupaten Purworejo Gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo dalam rangka memperingati HUT Ke 192 Kabupaten Purworejo mengadakan sosialisasi Kesehatan dan Pemeriksaan Kesehatan di aula PKK Kabupaten Purworejo, Kamis (16/2). Pemeriksaan yang dilakukan meliputi test tekanan darah, kadar gula darah, dan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) test.

Ketua DWP Kabupaten Purworejo Nyonya Dra Erna Setyowati Said Romadhon membuka kegiatan sosialisasi. Hadir narasumber dr CH Dorothyningrum dari Puskesmas Purworejo, diikuti pengurus DWP Kabupaten Purworejo dan unsur pelaksana DWP Kabupaten Purworejo.

Sosialisasi kesehatan dan pemeriksaan Kesehatan dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penyakit kanker seviks dan kanker payudara. Selain itu  juga untuk mendeteksi secara dini  kanker serviks menggunakan metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pencegahan kanker payudara dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri).

Erna mengapresiasi semua pihak sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Setiap orang yang memiliki tanda-tanda kanker payudara atau serviks itu memilki gejala yang berbeda-beda. Selain itu Erna juga menghimbau kepada seluruh yang hadir pada acara tersebut untuk mengikuti IVA Test. “Ibu-ibu DWP sebaiknya melakukan pengecekan secara rutin. Mumpung ada sosaialisasi ini, Ibu-ibu DWP harus lakukan test gratis kanker serviks dan payudara yang diselenggarakan oleh bidang sosial budaya Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Purworejo karena jika melakukan test sendiri di Rumah Sakit dapat menghabiskan biaya sebesar Rp. 750.000,00” ajak Erna.

Sementara narasumber dr CH Dorothyningrum menyampaikan materi seputar kanker serviks dan kanker payudara. Semakin dini mendeteksi kanker serviks akan semakin bagus. Kanker serviks merupakan kanker yang memiliki peringkat pertama di Indonesia dan peringkat kedua di dunia yang diderita wanita.

Kanker payudara juga beresiko pada keturunan yang terdiagnosis. Gejalanya adalah tentunya terdapat benjolan, keluar cairan kuning, benjolan di ketiak, warna, bentuk, tekstur puting berubah, terdapat lesung di payudara, hingga keluar darah dari puting. Jika ada benjolan di area luar payudara bisa diartikan sudah ada indikasi penyebaran sel kanker, namun perlu diingat tidak semua gejala kanker adalah gejala klasik. Cara memastikan kanker payudara adalah dengan USG atau mammografi.

Kanker serviks merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah yaitu menggunakan vaksinasi HPV dan pemeriksaan kesehatan dengan test IVA. Test IVA bisa dilakukan mulai usia 30 tahun dan minimal 5 tahun sekali tersedia di Puskesmas dan Rumah Sakit dan dilakukan oleh bidan/dokter. Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Bisa tumbuh di kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak, maupun jaringan ikat pada payudara. “Penyakit kanker serviks sejatinya tidak menular dan dapat dicegah. Penyebabnya adalah Human Papilomavirus (HPV). Semakin dini untuk mendeteksi kanker serviks akan semakin bagus” ucapnya.

Berita Terpopuler

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....


Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah
Berita Purworejo

Peluncuran Tahapan Pilbup 2024, Bupati Purworejo Ajak Masyarakat Ikut Tentukan Figur dan Arah Kepemimpinan Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024

Bupati Kabupaten Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati Dan Wak....


Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....