Berita Purworejo

Hadiri Grebeg Budaya, Wabub Ajak Masyarakat Perkokoh Ketahanan Budaya

Hadiri Grebeg Budaya, Wabub Ajak Masyarakat Perkokoh Ketahanan Budaya

 

 

Sebagai bangsa yang besar, kita harus menghargai dan menjunjung tinggi seni budaya yang kita miliki. Karena kebesaran dan kemajuan bangsa ini, tidak terlepas dari kekayaan dan kemajemukan seni budaya yang telah hidup dan berkembang sejak lama. Keanekaragaman seni budaya ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita.

Penegasan itu disampaikan Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH pada acara Grebeg Budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke 192 Kabupaten Purworejo. Dalam kegiatan yang dipusatkan di Amphitheater alun-alun Purworejo, Rabu malam (15/02/2023), juga turut dihadiri Asisten Pemerintahan Drs Bambang Susilo, Kadin Dikbud Wasit Diono Ssos, Kadin Porapar Stefanus Aan Isa Nugroho SSTP Msi, Kadin Kominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM, Kadin DKPP Hadi Sadsila SP MM, Kadin LHP Wiyoto Harjono ST, Camat se-kabupaten Purworejo, Forkopimcam Purworejo dan segenap masyarakat yang hadir.

Lebih lanjut dikatakan. penduduk Indonesia yang multi budaya, multi etnis dan multi agama, pada hakikatnya merupakan potensi dan modal dasar untuk membentuk suatu kekuatan dahsyat dalam prosespembangunan bangsa.

"Oleh karena itu, selain mengelola budaya dan melestarikan kebudayaan dengan baik dan profesional, penting bagi kita memperkokoh ketahanan budaya, melibatkan semua pihak, baik pemerintah, para pelaku, pemerhati dan segenap insan seni dan budaya maupun masyarakat luas," katanya.

Sementara itu Kadin Dindikbud Wasit Diono mengatakan kegiatan grebeg budaya diikuti 16 kontingen dan mewakili dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo. Sedangkan perlombaan yang diadakan sebagai bentuk apresiasi kedapa semua peserta yang mengikuti.

Grebeg budaya dimulai tepat pukul 19:30 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Purworejo. Setelah itu host langsung memandu untuk menampilkan berbagai kesenian dari 16 kecamatan secara berurutan. Beberapa penampilan menarik antusias warga masyarakat diantaranya kuda kepang, cingpoling, dolalak dan tari kreasi lainya.

Dalam event itu, Kecamatan Bagelen menjadi yang paling banyak mendapat kejuaraan.  Rangkaian acara ditutup dengan penyerahan hadiah berupa uang pembinaan dan dilakukan foto bersama.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....