Berita Purworejo

Wabup Buka Pasar Tani, Bazar Durian dan Vaksinasi Rabies

Dalam rangka Hari Jadi Ke 192 Kabupaten Purworejo, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo menggelar Pasar Tani, Bazar Durian dan Vaksinasi Rabies di halaman parkir Setda Kabupaten Purworejo, Selasa (14/02/2023). Acara dibuka oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, dan di hadiri Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional Doktor Sri Nuryanti SIP MP, Perwakilan Distambun Provinsi Jawa Tengah Ike Hermin,  Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Hadi Sadsila SP MM, Staf Ahli Bupati dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, Kabupaten Purworejo merupakan daerah agraris yang menjadi salah satu lumbung pangan di Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, sektor pertanian menjadi salah satu sektor penting yang sangat mendukung pertumbuhan dan perekonomian daerah.

“Kabupaten Purworejo juga dikenal sebagai daerah penghasil bibit dan buah hortikultura, bahkan sudah mempunyai varietas hortikultura yaitu manggis varietas Kaligesing dan durian varietas Sekatap,” tandasnya

Oleh karena itu, Wabup menegaskan bahwa Pemerintah akan memberikan perhatian terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas produksi pertanian, agar sektor pertanian menjadi kuat dan tangguh, diantaranya dengan penyediaan benih, bibit serta teknik budidaya hingga teknologi panen dan pasca panen.

Sedangkan terkait pemberian vaksin rabies merupakan upaya pencegahan merebaknya penyakit rabies, karena Kabupaten Purworejo merupakan jalur transportasi Hewan Pembawa Rabies (HPR) dari Jawa Barat ke Jawa Tengah.

Dijelaskan lebih lanjut, di Kabupaten Purworejo penyakit hewan menular yang saat ini masih merebak diantaranya, penyakit mulut dan kuku serta penyakit kulit berbenjol, dimana ini merupakan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit hewan menular.

Sementara Hadi Sadsila menambahkan, kegiatan diselenggarakan untuk memastikan masyarakat dapat mengakses kebutuhan bahan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau, serta memastikan ketersediaan dan keterjangkauan akses pangan pokok bagi masyarakat aman dan mencukupi. Kegiatan diikuti 20 stan dari 16 kecamatan, serta 4 stan tambahan yaitu P2L, perikanan, BULOG, dan kopi.

“Beberapa komoditas yang tersedia di Pasar Tani diantaranya produk pertanian  seperti sayuran dan buah-buahan, produk olahan peternakan serta kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, minyak goreng, gula putih, gula aren, terigu. Pada kesempatan ini terdapat vaksinasi rabies secara gratis sebanyak 200 dosis yang akan diberikan kepada hewan peliharaan masyarakat kabupaten Purworejo,” paparnya.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....