Berita Purworejo

Gerakan Aksi Bergizi Upaya Tingkatkan Gizi Remaja dan Penanganan Stunting

Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo menggandeng sekolah-sekolah di Kabupaten Purworejo meluncurkan program Aksi Bergizi yang dipusatkan di Gedung SMA N 2 Purworejo pada Jum’at (10/02/2022). Gerakan Aksi Bergizi yang mengusung tema Hidup Sehat Sejak Sekarang untuk Remaja Kekinian dilaksanakan sebagai upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Purworejo.

Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo Drs. Said Romadhon, Kepala Dinas Kesehatan dr. Sudarmi, MM, Camat Kutoarjo Galuh Bakti Pertiwi, S.STP MM, Kepala sekolah SMAN 2 Purworejo Dra Fitarini Msi, dan beberapa Kepala Sekolah SMP dan SMA se Kabupaten Purworejo. Kegiatan juga diikuti oleh perwakilan siswa-siswi SMAN 2 Purworejo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon dalam sambutannya mengatakan, bahwa Aksi Bergizi merupakan sebuah program yang menyasar pada peserta didik. Inti dari program ini adalah untuk membudayakan hidup sehat, yang terdiri dari rutin melakukan aktivitas fisik, sarapan tepat waktu, meminum tablet penambah darah, serta meningkatkan literasi tentang kesehatan bagi remaja.

"Untuk melancarkan program ini, dibutuhkan sinergi dari semua pihak. Tak hanya dari tenaga kesehatan, tetapi juga pihak eksternal yang terkait" ujar Said.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dr. Sudarmi MM melaporkan, program ini dilaksanakan atas dasar UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009, PP 72 tahun 2021 tentang percepatan penangann stunting. Program ini juga tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran para peserta didik mengenai pentingnya kesehatan diri sendiri. Hadirnya program ini juga dilatarbelakangi oleh adanya kasus stunting dan tingginya kasus anemia yang ditemukan di Kabupaten Purworejo.

“Berdasarkan survey yang telah dilakukan pada bulan Januari, sebanyak 48% remaja putri di Kabupaten Purworejo mengalami anemia" ujar Sudarmi.

Dengan adanya kegiatan Aksi Bergizi ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi tablet tambah darah yang menjadi salah satu indikator pelayanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting. Pelaksanaan konsumsi tablet tambah darah setiap minggu bagi remaja putri langsung dipantau oleh Kementrian Kesehatan melalui aplikasi Ceria yang entrinya bisa dilakukan sendiri.

Sebelumnya pada pukul 6.30 dilaksanakan senam sehat yang diikuti siswa-siswi SMAN 2 Purworejo. Setelah selesai, kemudian dilanjutkan sarapan pagi bersama dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Kutoarjo.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....