Berita Purworejo

Bupati Purworejo Mantu 22 Pasang Pengantin

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menghadiri acara Bupati Mantu pada rangkaian peringatan Hari Jadi Ke 192 Kabupaten Purworejo yang dipusatkan di kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, Sabtu (4/02/2023). Tampak hadir Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, Forkopimda, Sekda Drs Said Romadhon,  semua kepala Perangkat Daerah dan tokoh masyarakat.

Bupati beserta Wakil Bupati  dan Ketua penggerak PKK ibu Fatimah Verena Prihastiyary SE menyaksikan rangkaian acara Bupati Mantu sejak dari awal. Jalannya acara Bupati Mantu dimulai pukul 07:00 WIB dengan diawali para pengantin yang berjumlah 22 pasangan diarak menggunakan becak hias dari kantor Bupati Purworejo menuju Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Arak-arakan berhenti di pintu gerbang, kemudian berjalan kaki melewati janur kuning dan karpet merah menuju Pendopo. Sejumlah 22 kepala KUA bersiap di meja-meja yang telah dipersiapkan untuk prosesi ijab qobul dan melaksanakan percatatan dokumen pernikahan. Pelaksanaan ijab qobul serentak dimulai tepat pukul 09.15 WIB.

Sebagaimana biasanya masyarakat Jawa melaksanakan pernikahan, kegiatan Bupati Mantu  dilaksanakan sesuai dengan adat Jawa. Mulai dari pakaian, ubo rampe, sampai prosesi ijab qobul dan upacara adat pernikahan. Salah satu upacara itu berupa saling melempar daun sirih, menginjak telur, menuangkan beras kuning untuk pengantin wanita dan sungkeman kepada orang tua.

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM secara singkat menerangkan bahwa Bupati Mantu merupakan bentuk perhatian kepada masyarakat, dengan membantu masyarakat yang ingin membangun keluarga tetapi mengalami kesulitan ekonomi dalam proses pernikahan.

"Tentunya kita memfasilitasi semuanya, mulai dari pakaian, rias dan lain sebagainya termasuk pesta ini, dan setiap pasangan diberikan juga uang saku," ungkapnya.

Menurut Bupati, peserta yang hanya 22 pasangan yang mengikuti nikah bersama, dikarenakan pada masyarakat Jawa ada petungan yang kemungkinan tidak cocok dengan tanggal pelaksanaan.

"Mudah-mudahan pasangan yang dinikahkan hari ini, langgeng mendapatkan sakinah mawadah warahmah dan tentu saja segera untuk mendapatkan momongan," tambahnya

Dikatakan kegiatan ini adalah yang pertama kali di Purworejo dan paling lengkap prosesinya, yang menjadi agenda tahunan.

"Kalau nikah masal atau nikah bersama yang biasanya tidak selengkap ini, prosesinya dari A-Z sebagaimana masyarakat Purworejo menikahkan putra-putrinya. Dan ini memang akan menjadi agenda tahunan, yang diadakan setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo," pungkasnya.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....