Berita Purworejo

Bupati Hadiri Kegiatan Pluralisme dalam Kesederhanaan

 

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menghadiri undangan dari panitia (Bukan) Pasar Seni Kongsi, dalam kegiatan bertajuk Pluralisme dalam Kesederhanaan, di terminal type C Kongsi, Sabtu malam (28/01/2023). Tampak hadir ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, jajaran Forkopimda Purworejo, Perwakilan FKUB Purworejo, Forkopimcam Purworejo, keluarga besar keturunan Tionghoa dan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM mengungkapkan rasa syukurnya dan mengapresiasi tinggi kepada semua yang terlibat pada kegiatan positif tersebut

"Atas nama Pemerintah Daerah, saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada (Bukan) Pasar Seni Kongsi, yang telah menyelenggarakan kegiatan bertajuk Pluralisme dalam Kesederhanaan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini benar-benar mampu menumbuhkan semangat pluralisme dalam masyarakat kita, apalagi diperkuat dengan doa bersama lintas agama dan diskusi lintas komunitas" ungkapnya.

Menurutnya, kebinekaan yang menjadi semboyan bangsa Indonesia harus dijaga bersama dengan kehidupan berbangsa dan bernegara.. Fenomena intoleransi dan diskriminasi berbasis SARA, permusuhan akibat perbedaan pilihan politik, hingga radikalisme yang menyusup di tengah kehidupan rakyat, menjadi sebuah persoalan yang masih menghantui.

"Untuk itu Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan, dan sangat tepat untuk mewakili semangat hidup selaras dan saling menghormati perbedaan, untuk menangkal kemungkinan-kemungkinan hal yang tidak diinginkan dalam persatuan dan kesatuan," tandasnya.

Bupati juga mengajak semua warga masyarakat Purworejo untuk terus bersatu demi visi kabupaten Purworejo yang berdaya saing.

"Saya mengajak hadirin semuanya untuk terus bersatu, mempererat solidaritas, dan berjuang membangun daerah dan negeri yang kita cintai di tengah pluralisme dalam semangat kerukunan Bhineka Tunggal Ika. Dengan kerja keras yang dilandasi kebersamaan, saya yakin kita dapat mewujudkan Visi menuju Kabupaten Purworejo yang Berdaya Saing," katanya.

Pada kegiatan ini Bupati disambut dengan pertunjukan barongsai, kemudian menandatangani komitmen bersama tentang pluralisme. Setelah itu dilaksanakan doa bersama lintas agama oleh pendeta Lintang dan ketua FKUB Purworejo KH Habib Sholeh SPdi. Setelah rentetan acara selesai pertunjukan wayang potehi melengkapi acara tersebut.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....