Seputar Aneka Ragam

Gubernur Buka TMMD Reguler Ke 98 TA 2017

Hadir Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah, Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan SIP, Wakapolda Jawa Tengah Brigadir Jenderal Pol Slamet Riyanto, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Ferry Firmawan, Wakil Ketua DPRD Purworejo Yophi Prabowo dan unsur FKPD.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan bahwa program TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan meningkatkan kebersamaan, serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

“Pada hari ini spirit kegotongroyongan dan kebersamaam kembali kita teguhkan dalam suatu aksi nyata melalui TMMD Reguler ke 98,” kata Gubernur.

Menurutnya, untuk mengatasi persoalan kebangsaan seperti mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan daulat pangan dan energi serta pemberantasan narkoba, tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah saja, melainkan seluruh komponen bangsa.

“Apalagi pemerintah pusat saja. Tidak, tetapi semua harus bergotongroyong. Termasuk didalamnya TNI/Polri dan juga peran dari seluruh komponen masyarakat termasuk unsur pemerintahan yang ada,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada HIPMI yang sudah membantu dan peduli bagaimana akses jamban dapat kita kerjakan. Ia berharap, hal itu dapat menggerakkan kelompok masyarakat yang lain untuk mau membantu.

“Namun perilaku kita untuk hidup bersih dapat kita dorong dengan sosialisasi di Masyarakat, itu jauh lebih penting daripada hanya sekedar kita membangun fisik,” ujarnya.

Gubernur juga mengungkapkan, dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, baru Kabupaten Grobogan yang hari ini dinilai 100 persen sudah mengakses jamban. “Mudahan-mudahan Jawa Tengah bergotong royong melakukan itu,” harapnya.

Usai membuka TMMD, Gubernur bersama tamu undangan berkesempatan menikmati pertunjukan tari dolalak yang dibawakan oleh sekitar 350 penari dari siswa SMP dan SMA di Purworejo. Gubernur juga melakukan peninjauan kegiatan donor darah dan sunatan masal, sekaligus memberikan tali asih kepada peserta sunatan masal.

Dansatgas TMMD Reguler Ke 98, Dandim 0708/Purworejo Letnan Kolonel Inf Aswin Kartawijaya dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan TMMD reguler ke-98 tahun 2017 akan menyasar kegiatan berupa pembuatan rabat beton sepanjang 1.200 meter, pembuatan gorong-gorong di tiga lokasi, pembuatan talud dan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 15 unit.

“Sasaran tambahan berupa pembuatan MCK sejumlah 10 unit, rehab musala, pembuatan pos ronda dan penanaman pohon 100 batang,” jelasnya.

Selain sasaran fisik, lanjutnya, TMMD juga akan menyasar kegiatan non fisik. Adapun sumber dana kegiatan TMMD dilaksanakan dengan anggaran yang dihasilkan dari dana APBD provinsi sebesar Rp 150 juta, APBD kabupaten sebesar Rp 349,093 juta, HIPMI sebesar Rp 50 juta, Bank Jateng sebesar Rp 5 juta, Baznas sebesar Rp 3 juta dan swadaya masyarakat sebesar Rp 36 juta. Totalnya ada anggaran sekitar Rp 593,093 juta.

TMMD itu sendiri akan digelar mulai 5 April hingga 4 Mei 2017 mendatang dan sebelumnya juga telah dilakukan kegiatan Pra TMMD yang telah dilaksanakan sejak 6 Maret 2017.

Berita Terpopuler

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim
Seputar Aneka Ragam

Peringati Tahun Baru Islam, Kecamatan Butuh Gelar Pengajian dan Beri Santunan Kepada Anak Yatim

Rabu, 11 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dan pemberian santunan anak yatim dal....


Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....