Seputar Aneka Ragam

Danlanud Adisutjipto Tutup TMMD Reguler Ke 98 Kodim 0708/Purworejo

Penutupan TMMD ditandai dengan penandatangan prasasti dan penyerahan hasil kerja secara simbolik kepada Pemkab, yang diterima oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH.

Saat menjadi Irup, Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga MM membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat Selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, Jenderal Tri Mulyono.

Dia mengatakan, kebersamaan yang ditunjukkan dalam program TMMD ini semoga saja merupakan refleksi dari kemandunggalan yang hakiki antar segenap komponen bangsa untuk mengatasi berbagai persoalan dalam rangkat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kebersamaan seperti inilah yang seberarnya merupakan hakekat kemanunggalan TNI rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun dan pelihara,” tandasnya.

Dikatakan, mulai tahun 2017 program TMMD yang semua dilaksanakan dua kali dalam setahun ditambah menjadi tiga kali. Hal ini dilakukan, selain sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu akselerasi pembangunan wilayah yang sulit terjangkau, juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya luhur bangsa yang menjadi makna inti Pancasila yaitu gotong royong.

“Melalui pelestarian gotong royong dan kemanunnggalan dalam TMMD ini diharapkan kita dapat semakin membentengi diri dari potensi disintegrasi yang dipicu oleh sintemen perbedaan sikat intoleransi,” imbuhnya.

Sementara itu, Dansatgas TMMD Reguler Ke 98 Dandim 0708/Purworejo Letnan Kolonel Inf Aswin Kartawijaya dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan TMMD reguler ke-98 tahun 2017 telah berhasil dilaksanakan 100 persen. Mulai pembuatan rabat beton sepanjang 1.200 meter, pembuatan gorong-gorong di tiga lokasi, pembuatan talud hingga bedah rumah tidak layak huni sebanyak 15 unit.

“Sasaran tambahan berupa pembuatan MCK sejumlah 10 unit, rehab mushala, pembuatan pos ronda dan penanaman pohon 100 batang juga telah terlaksana 100 persen. Kegiatan non fisik juga telah dilaksanakan,” jelasnya.

Adapun sumber dana kegiatan TMMD dilaksanakan dengan anggaran yang dihasilkan dari dana APBD provinsi sebesar Rp 150 juta, APBD Kabupaten sebesar Rp 349.093.- juta, HIPMI sebesar Rp 50 juta, Bank Jateng sebesar Rp 5 juta, Baznas sebesar Rp 3 juta dan swadaya masyarakat sebesar Rp 36 juta. Totalnya ada anggaran sekitar Rp 593.093,- juta.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan untuk 20 anak yatim dari Kemenag sebesar Rp 4 juta dan bantuan kebersihan untuk rumah singgah dari Pemkab Purworejo sebesar Rp 7,7 juta. Juga diserahkan 2 buah perahu karet kepada Kodim 0708/Purworejo bantuan dari Bank BNI. Selain itu juga ada kegiatan bhakti sosial berupa pelayanan KB dan penanaman pohon trembesi.

Berita Terpopuler

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang
Seputar Aneka Ragam

Bupati Purworejo Beserta Ulama dan Pengasuh Ponpes Ziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Sabtu, 28 September 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Gus Hakim dan Gus Mahfud beserta rombongan ulama dan ....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Belajar Pengelolaan Ponpes ke Asshiddiqiyah
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Belajar Pengelolaan Ponpes ke Asshiddiqiyah

Rabu, 25 September 2019

Rombongan ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) tiba di Ponpes Asshiddiqiyah Jakarta, Rabu (2....


Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta
Seputar Aneka Ragam

Ulama dan Pengasuh Ponpes Purworejo Studi Banding ke Ponpes Assiddiqiyah Jakarta

Rabu, 25 September 2019

Sebanyak 160 ulama dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) mengikuti kunjungan kerja penguatan kapasi....