Berita Purworejo

Minimalisir Dampak Internet Dengan Pendidikan

Salah satu cara untuk meminimalisir dampak negatif teknologi informasi adalah melalui pendidikan, baik di lingkungan sekolah, masyarakat, dan terutama di lingkungan keluarga.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH dalam kegiatan bertema Digital Parenting di Yayasan Pendidikan Prasetya Bangsa Sucenjurutengah, Sabtu (25/06/2022). Dalam acara tersebut hadir pula Prof Dr Tina Afiatin MSi selaku narasumber, Perwakilan Komisi IV DPRD Reko Budiyono, Founder Yayasan Prasetya Bangsa Dwi Susi Herawati SPsi, para wali siswa serta peserta webinar.

Wabup Yuli Hastuti mengatakan, era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, telah membawa berbagai implikasi yang positif maupun negatif. Dampak positif itu antara lain berupa kemudahan dalam memperoleh akses informasi, sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Namun di sisi lain, lanjut Yuli Hastuti, muncul transparansi informasi maupun infiltrasi budaya asing yang seringkali tidak sesuai dengan budaya bangsa maupun ajaran agama, yang dengan mudahnya masuk ke dalam masyarakat kita. Bahkan anak-anak di bawah umur sekalipun, dapat dengan mudah mengakses segala hal di internet hanya dengan menggunakan gawai.

"Melihat kenyataan anak-anak kita yang lebih sering bermain dengan gawai daripada melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, saya sebagai orang yang dituakan di Kabupaten Purworejo seringkali merasa sedih. Karena sedikit banyak kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak," ungkapnya.

Sementara itu Dwi Susi Herawati mengatakan bahwa tujuan acara tersebut todak lain untuk memberikan psikoedukasi kepada masyarakat tentang pentingnya digital parenting dalam menanggapi kegiatan anak di dunia siber. Selain itu juga memberikan tips-tips dan kiat-kiat yang preventif untuk menambah wawasan keluarga agar terlindungi dari risiko internet.

"Prasetiya Bangsa Islamic School (Praba) yang lahir dari semangat untuk memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan, membuka diri untuk turut memberikan bekal dan arah kehidupan yang lebih baik bagi masa depan generasi Bangsa. Bagi Praba, dunia pendidikan kita harus mampu menjadi benteng kokoh yang akan menjaga generasi bangsa. Praba InsyaAllah hadir untuk berkontribusi mewujudkan mimpi itu," tandasnya.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Bupati Lantik 59 Pejabat Struktural
Berita Purworejo

Bupati Lantik 59 Pejabat Struktural

Jumat, 08 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi prat....