Pemkab Bantu Korban Bencana

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Purworejo dan sedekah harian Setda, menyalurkan bantuan untuk para korban bencana alam di wilayah Kecamatan Bener. Penyaluran bantuan diberikan kepada Slamet di Desa Jati RT 01/06 yang rumahnya tertimpa tanah longsor, rumah Aminun di Desa Kalitapas RT 03/01, dan Tukiman di Desa Pekacangan RT 02/01. Penyaluran bantuan dilakukan Pimpinan Baznas H Sartu SPdI, H Muslikhin Madiani SAg MSi, dan perwakilan Setda Drs H Faturahman MM  dilokasi bencana pada Sabtu (5/2/22). Masing-masing penerima bantuan merupakan korban bencana yang sebagain rumahnya tertimpa tanah longsor. 

 

Faturahman menjelaskan, untuk Baznas bantuannya sebesar Rp.1.500.000 per rumah, sedangkan sedekah Setda sebesar Rp. 500.000 per rumah. Bantuan disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. “Dalam menyalurkan bantuan, seperti arahan Pak Bupati supaya secepatnya harus sampai kepada korban bencana, agar bantuan dapat digunakan. Termasuk saran dari Pak Sekda agar secepatnya mendapatkan informasi kejadian bencana alam. Dan sedekah harian Setda bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujar Faturahman. 

 

Dikatakan, dalam penanganan bencana alam, juga selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar), Dinas Sosial Kependudukan dan Keluarga Berencana (Dinsosdukkb), dan dinas instansi terkait. Tujuannya untuk mempermudah dalam penanganannya