Berita Purworejo

Purworejo dan Kulon Progo Kembali Lakukan Kesepakatan Bersama

Pemkab Purworejo dan Pemkab Kulon Progo  kembali melakukan Kesepakatan Bersama tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan, dan Kemasyarakatan. Penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan oleh Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM dan Bupati Kulon Progo Drs H Sutedjo di Aula Adikarto Gedung Kaca Komplek Pemkab Kulon Progo, Senin (25/10/2021).

Hadir mendampingi Bupati, Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, Kepala Dinkes dr Sudarmi, Kabag Pemerintahan Sudaryono SSos, Kabag Hukum Sri Setyowati SH MM, Kabag Kesra Drs H Fatkhurrohman MM, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama SSTP MM.

Hadir pula Bupati Magelang yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah Drs Adi Waryanto beserta sejumlah pejabat, yang pada kesempatan itu juga melakukan kesepakatan dengan Pemkab Kulon Progo.

Bupati Agus Bastian mengatakan, kesepakatan bersama ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan antara Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulon Progo. Hal ini sekaligus merupakan implementasi dari amanah Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerjasama Daerah.

Selain bertujuan untuk mewujudkan keserasian dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan antar daerah. Kesepakatan bersama juga dilakukan dalam rangka memanfaatkan dan memelihara sumber daya daerah secara optimal serta mengantisipasi dan memecahkan permasalahan daerah secara terpadu.

Selain itu, kesepakatan bersama ini juga untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya permasalahan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperhatikan prinsip saling menguntungkan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo.

Bupati berharap, kerjasama yang baik ini akan terus berlanjut di masa-masa mendatang. Terlebih dengan adanya beberapa proyek strategis nasional di wilayah ini, seperti Yogyakarta International Airport (YIA), Badan Otorita Borobudur dan Bendungan Bener.

“Saya berharap upaya yang telah kita bangun bersama ini, akan dapat menciptakan iklim yang sejuk dan harmonis, dalam rangka upaya mempercepat pembangunan di semua bidang guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di dua kabupaten,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinkes Purworejo dan Dinkes Kulon Progo. Kerjasama ini bertujuan mewujudkan peningkatan mutu pelayanan kesehatan dalam bidang penanganan penyebaran penyakit menular dan KLB, pelayanan dasar dan rujukan. Serta penanganan masalah kesehatan akibat bencana yang dapat dilakukan bersama-sama tanpa terhambat oleh batasan wilayah administrasi.

Bupati Kulon Progo Drs H Sutedjo menjelaskan, kesepakatan bersama ini kembali dilakukan karena kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya telah habis masa berlakunya pada tahun 2020. Sehingga diperlukan kesepakatan bersama baru yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 dan Peraturan Mendagri Nomor 22 Tahun 2020.

“Saya sangat menyambut baik kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama antar ketiga kabupaten ini. Kerjasama ini saya rasa akan memberikan manfaat bagi kita semua,” ujar Sutedjo.

Berita Terpopuler

Dinkominfostasandi Ajarkan Pengelolaan Fitur Menarik Website Desa
Berita Purworejo

Dinkominfostasandi Ajarkan Pengelolaan Fitur Menarik Website Desa

Senin, 24 Juni 2024

Purworejo--Pelatihan Website Desa digelar kembali untuk ketiga kalinya pada Senin, 24 Juni 2024, di ....


Pemerintah Dukung Program Kegiatan PKK dengan Anggaran Desa
Berita Purworejo

Pemerintah Dukung Program Kegiatan PKK dengan Anggaran Desa

Jumat, 28 Juni 2024

Purworejo - Tim Penggerak PKK (TP PKK) merupakan gerakan pembangunan berbasis keluarga yang menjadi ....


Puluhan UMKM Lokal Ramaikan Bazar Peringatan Hari Koperasi ke 77 Kabupaten Purworejo
Berita Purworejo

Puluhan UMKM Lokal Ramaikan Bazar Peringatan Hari Koperasi ke 77 Kabupaten Purworejo

Kamis, 11 Juli 2024

Purworejo - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-77, Pemerintah Kabupaten Purworejo menggelar ....