News

Pemkot Tegal Ingin Tiru Pengelolaan Air Perumda Air Minum Tirta Perwitasari

Pemerintah Kota Tegal melakukan studi banding pengelolaan air yang dilakukan oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Purworejo, Selasa (6/10/2020).

Rombongan studi banding dipimpin langsung oleh Walikota Tegal Deny Yon Supriyono SE MM didampingi sejumlah pejabat terkait Pemkot Tegal. Rombongan diterima Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti MA didimping Direktur PDAM Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo dan sejumlah pejabat terkait.

Walikota Tegal Deny menjelaskan, Pemkot Tegal ingin belajar dan meniru cara mengelola air yang dilakukan oleh PDAM Tirta Perwitasari. Menurutnya, kualitas air minum di Purworejo tergolong baik. Selain bisa untuk mandi air dari PDAM juga bisa digunakan untuk keperluan air minum.

“Yang saya ketahui di Purworejo ini sumber daya air itu sangat banyak dan juga yang lebih menarik bahwa di sini bukan  Perumda. Tetapi dikelola oleh BUMD. Untuk pengelolaannya sudah sesuai dengan Undang-undang  atau PP No 54 tahun 2017,” Ujarnya.

Dedy menjelaskan, berdasarkan hasil laporan perhitungan air perdetik dari instansinya terdapat beberapa kebocoran sehingga perlunya untuk menekan angka kebocoran agar kualitas air bisa terjamin.

Harapannya setiap kabupaten atau kota tidak akan kekurangan air saat 3 bulan mengalami kemarau panjang. Jadi hal ini diharapkan bisa merambah kesemua lapisan masyarakat.

“Untuk menekan angka kebocoran itu bagaimana, karena saya yakin kualitas air di sini bagus atau bening,” ujarnya.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purworejo Ir Yuli Astuti MA menjelaskan jika Pemerintah Kabupaten Purworejo memiliki 4 BUMD yang kepemilikan saham 100% Pemkab Purworejo. Yakni Perumda BPR Bank Purworejo, Perumda Air Minum Tirta Perwitasari, Perumda Graha Husada Medika dan Perumda Aneka Usaha.

Menurutnya peran Perumda Air Minum Tirta Perwitasari dalam mendukung penanganan Virus Covid 19 juga cukup besar. Selain memberikan subsidi harga pada masyarakat miskin, juga menyediakan air secara gratis sebagai sarana Cuci Tangan Pakai Sabun.

Berita Terpopuler

Optimalkan Penanganan Covid, Pemkab Gelar Rakor Percepatan
News

Optimalkan Penanganan Covid, Pemkab Gelar Rakor Percepatan

Selasa, 15 September 2020

Pemkab Purworejo terus mencari solusi terbaik dalam menangani pandemi Covid-19 di Kabupaten Purworej....


Perkuat Ekonomi Lokal Guna Mendorong Perekonomian Daerah
News

Perkuat Ekonomi Lokal Guna Mendorong Perekonomian Daerah

Rabu, 16 September 2020

Usaha Kecil Menengah (UKM), Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (....


Bupati Akan Perhatikan Kesejahteraan Aparat Desa
News

Bupati Akan Perhatikan Kesejahteraan Aparat Desa

Rabu, 16 September 2020

Bupati Akan Perhatikan Kesejahteraan Aparat Desa