Berita Purworejo

Bupati dan Forkopimda Jajal Trip Wisata Cafe on The Bus

Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM menyempatkan untuk menjajal layanan trip wisata Cafe on The Bus, Kamis (13/8/2020). Beberapa waktu lalu Wakil Bupati Yuli Hastuti juga sempat menjajal perjalanan wisata dengan rute Purworejo menuju Bandara YIA Kulonprogo. 

Bus berkapasitas 28 seat dengan tiap 4 seat terdapat satu meja yang disetting layaknya sebuah café ini merupakan hasil kerjasama PDAU, Dinparbud dan UMKM Purworejo.

Namun dimasa pandemi Covid-19 ini hanya diisi 20 orang demi kenyamanan. Sejumlah protokol juga diterapkan kepada setiap penumpang seperti pengukuran suhu tubuh dan pemakaian masker.

Perjalanan dimulai dari Showroom UMKM Purworejo di Jalan Urip Sumoharjo pada pukul 17.15 WIB. Bupati dan Forkopimda langsung disuguhi aneka snack asli UMKM Purworejo dan minuman ringan yang bisa dipesan. 

Rute yang ditempuh menuju bandara melewati jalan kawasan Pantai Congot dengan suguhan terowongan underpass serta jalan melingkar menuju area bandara yang ditempuh sekitar 45 menit. Sepanjang perjalanan, terdapat guide atau pemandu wisata yang siap menemani perjalanan sembari bercerita tentang potensi Purworejo.

Pukul 18.00 WIB bus berhenti di area parkir bandara untuk memberi kesempatan pada penumpang menunaikan sholat maghrib dan berfoto dengan latar belakang berbagai fasilitas yang ada di bandara. Pada pukul 19.30 WIB rombongan telah tiba kembali di Purworejo.

Dengan hanya merogoh kocek Rp 70.000 para peserta trip akan merasakan sensasi naik bus serasa di cafe menuju salah satu destinasi wisata modern yakni bandara YIA. Dengan biaya cukup terjangkau, peserta trip mendapatkan snack, minuman, trip Purworejo-YIA pulang pergi dan makan.

Berbagai minuman mulai dari minuman ringan hingga kopi juga disediakan oleh pengelola. Beberapa jenis kopi tersedia, mulai kopi lokal maupun kopi espresso yang relatif lebih keras rasanya. 

Linda selaku pengelola menjelaskan, inovasi trip Cafe on The Bus dilakukan untuk memfasilitasi generasi milenial dan keluarga muda yang haus akan eksistensi di media sosial.

“Yang kami tawarkan sensasi café didalam bis sembari menikmati wisata disekitar Purworejo. Sementara ini, kami baru menyediakan dua trip ke Pantai Jatimalang dan YIA. Kalau trip ke Purworejo-Jatimalang hanya Rp.50.000,” terang Linda.

Dirinya berharap dengan adanya Cafe on The Bus ini dapat ikut memajukan pariwisata di Purworejo. Dengan berkolaborasi dengan UMKM, diharapkan dapat ikut mempromosikan produk UMKM Purworejo. Cafe on The Bus melayani perjalanan setiap hari pada pukul 08.00, 11.00 dan 17.00 WIB.

Bupati Agus Bastian disela perjalanan mengatakan, hadirnya inovasi Cafe on The Bus diharapkan dapat membantu mempromosikan wisata yang ada di Purworejo. Selain ke YIA, kedepan berbagai tempat wisata juga akan dijangkau oleh unit bus wisata ini.

Namun beberapa tempat wisata yang akses jalannya sulit tentunya memerlukan unit bus yang lebih kecil. Sehingga para wisatawan yang datang ke Purworejo akan sangat terbantu dengan adanya pilihan paket trip wisata Cafe on The Bus ini.

“Inovasi Cafe on The Bus ini adalah ide yang cukup brilian.  Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan Dinas Pariwisata ini membuahkan hasil, yaitu berkembangnya pariwisata di Kabupaten Purworejo,” tandasnya.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....