News

Wabup Minta Sektor Pariwisata Segera Bangkit

 Wakil Bupati Yuli Hastuti SH mengatakan, ditengah munculnya pandemi virus corona tentu mengakibatkan beberapa sektor terdampak, termasuk sektor pariwisata. Pemerintah kabupaten Purworejo telah menerapkan new habit ( aktifitas kebiasaan baru), diharapkan sektor pariwisata akan segera bangkit, juga sektor-sektor lainnya.

“Tentu saja tetap memperhatikan standar kesehatan mencegah corona. Seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan selalu berperilaku hidup bersih sehat,” tandas Yuli Hastuti pada silaturahmi anggota DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Purworejo yang sekaligus menyerahkan bantuan masker dan face shield serta sembako, pada Minggu siang (21/6). Hadir Ketua DPC HPI Kabupaten Purworejo Arum sri setyowati ST, sekretaris Susanto SE dan sejumlah pengurus.

Wabup beraharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bantuan ini menggunakan anggaran pibadi bukan APBD. “Saya dan Pak Bupati memakai anggaran pribadi, agar lebih mudah,” ujarnya.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, keberadaan HPI Kabupaten Purworejo yang juga sebagai mitra pemerintah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, menjadi patner yang baik untuk mempromosikan dan memajukan pariwisata yang ada. Bahkan HPI juga melakukan sosialisasi melalui media sosial, memberikan pelatihan kepada para pelaku wisata, serta mengadakan uji kompetensi bagi pramuwisata. 

            “Untuk itu saya sangat apresiasi dan berharap HPI akan semakin meningkatkan sumberdaya manusia utamanya dalam mengelola wisata. Saya juga berpesan jadikanlah wisata Purworejo membawa kesan menarik, agar pengunjung betah dan kembali lagi mengunjungi Purworejo. Dengan meningkatnya kunjungan wisata di Purworejo, diharapkan juga meningkatkan kesejahterakan masyarakat,” tutur Yuli Hastuti.

            Sementara itu Ketua DPC HPI Arum sri setyoningtyas ST mengatakan, jumlah pengurus HPI sebanyak 21 orang yang dikukuhkan pada September 2019. Kegiatan yang dilaksanakan memberikan wawasan kepariwisataan kepada pramuwisata, juga mempromosikan pariwisata Purworejo melalui media sosial dengan pembuatan video dokumenter. Sedangkan pelatihan dan uji komptensi telah dilaksanakan yang dipusatkan di Hotel Purworejo, dihadiri pramuwisata perwakilan se Indonesia.

            HPI Purworejo akan mengadakan even sosialisasi dan simulasi pelaku wisata pada  Selasa (23/6) yang akan melibatkan Dinas Pariwisata dan kebudayaan, desa wisata, tour travel dan transportasi sekitar 50 orang dengan menggunakan kendaraan bus. “Star berangkat dari Pendopo Kabupaten Purworejo yang rencananya akan dilepas Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati. Kunjungan dimulai dari lokasi wisata museum Tosan Aji, menuju Desa Purbayan tempat pembuatan batik dan pembuatan kopi, wisata air terjun Desa Kaliurip Kemiri, yang berakhir di wisata pantai Ketawang Grabag. Sekaligus petik jambu kristal dan akan dilaksanakan sarasehan tentang kepariwisataan" jelas Arum.

Berita Terpopuler

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning
News

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning

Rabu, 22 Juli 2020

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning


Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi
News

Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi

Kamis, 16 Juli 2020

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, jumla....


Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan