Berita Purworejo

99 Warga Lalai Tak Pakai Masker Kena Hukuman

Sebanyak 99 warga Kabupaten Purworejo ditindak tim gabungan saat digelar Operasi Percepatan Penanganan Corona, Rabu (03/06/2020). Operasi ini dilakukan guna menegakkan Peraturan Bupati Purworejo Nomor 29 Tahun 2020, tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 27 Tahun 2020 Tentang Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 Di Kabupaten Purworejo.

Operasi yang digelar selama satu jam di dua titik yakni depan Masjid Kauman dan depan SDN Maria ini diikuti personil Satpol PP dan Damkar, BPBD dan Dinhub, Satlantas, Brimob dan Polisi Militer.

“Hari ini kita tegakkan terkait penggunaan masker kepada masyarakat yang melintas di wilayah Purworejo demi penegakan Perbup Nomor 29 Tahun 2020, yang salah satu pasalnya disebutkan setiap warga masyarakat wajib menggunakan masker,” kata Kasat Pol PP dan Damkar Budi Wibowo.

Dikatakan Budi, pada hari pertama pelaksanaan operasi masih banyak dijumpai masyarakat yang belum menggunakan masker pada saat melintas dikawasan Kabupaten Purworejo.

“Ada yang sudah membawa masker, tetapi tidak digunakan. Kita masih melakukan edukasi dan memberi masker gratis. Kita juga memberikan hukuman berupa puss up dan membaca Pancasila. Ini agar perilaku memakai masker dapat menjadi kebiasaan dan jika tidak dilakukan ada sanksinya,” imbuhnya.

Pihaknya saat ini belum menerapkan sanksi adminsitrasi berupa denda. Dalam operasi ini masih menekankan edukasi kepada masyarakat. Diharapkan akan semakin tumbuh kesadaran dalam memakai masker setiap keluar dari rumah demi kesehatan. Sehingga pandemi Covid-19 di Kabupaten Purworejo dapat segera teratasi.

Operasi ini akan terus dilakukan hingga berakhirnya masa tanggap darurat pada tanggal 12 Juni 2020. Jika nanti masih ditemukan pelanggaran yang dilakukan secara berulang, pihaknya akan memberlakukan tindakan denda Rp 50 ribu.

“Untuk selanjutnya, operasi pemakaian masker juga akan dilakukan di pasar hewan dan beberapa tempat keramian di Purworejo guna penegakan Perbup,” pungkasnya.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....