News

PKK Edukasi Penggunaan Masker Yang Benar

 Peran serta TP PKK dalam melawan virus corona terus dilakukan, tidak saja kepada anggota dan pengurus PKK se Kabupaten Purworejo namun juga kepada semua masyarakat. Antara lain terus mensosialisasikan penggunaan masker, cuci tangan, jaga jarak, menghindari berkerumun, dan lainnya, melalui PKK kabupaten, kecamatan, desa, kelurahan hingga  lini terbawah kelompk dasa wisma.

            Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE, ketika serah terima bantuan masker di kantor PKK dan di Pendopo kabupaten pada Jum’at (29/5). Bantuan masker bekerjasama Dinsosdukkbpppa dengan PKK kabupaten. Penyerahan bantuan masker sebanyak 10 ribu masker yang disalurkan melalui 16 PKK kecamatan.Turut mendampingi Wakil Ketua PKK Dra Erna Setyowati Said Romadhon, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinsosdukkbpppa Budi Rahayu SH MM, dan Sekretaris PKK Maini Widarto beserta sejumlah pengurus.

Dalam arahannya Fatimah Agus Bastian mengatakan, penyaluran bantuan masker kepada PKK kecamatan desa kelurahan sebagai upaya untuk sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker yang benar. Masker adalah pencegah paling penting mengingat sumber penularan utama virus covid, salah satunya melalui dropplet. Dengan menggunakan masker yang benar, akan mampu mencegah tertular virus dari orang lain maupun menularkan virus kepada orang lain.  

“Karena masih banyak yang menggunakan masker hanya untuk hiasan saja, bahkan hanya sekedar karena ikut-ikutan. Bahkan memakainyapun asal nyantel saja, tidak menutupi mulut dan hidung. Yang ini sama sekali tidak dibenarkan, justru percuma pakai masker tapi hanya dikalungkan dileher, atau malah yang dimaskeri dagunya. Saya berharap pengurus dan anggota PKK untuk terus mengedukasi dilingkungannya masing-masing,” ujarnya.

            Selain itu lanjut Fatimah, pemberian bantuan masker kepada warga kurang mampu sangat tepat. Meski harganya murah, namun tidak semua masyarakat bisa membeli masker, karena memang masih harus mengutamakan kebutuhan makan sehari-hari. Maka PKK menyalurkan bantuan masker, supaya bisa tepat sasaran kepada warga yang benar-benar belum terjangkau bantuan masker. Sehingga tidak ada alasan, tidak pakai masker karena tidak punya masker.

            “Tentunya kita juga harus melaksanakan peraturan terkait pencegahan virus covid-19 di Kabupaten Purworejo, yang dituangkan dalam Peraturan bupati No.27/2020 tentang percepatan penanganan covid-19. Salah satu duantaranya tentang dikenakan denda bagi yang tidak menggunakan masker. Peraturan ini menjadi warning akan bahaya covid jika tidak diputus penularannya. Maka sangat dibutuhkan kesadaran tinggi dari semua elemen masyarakat untuk bersama-sama memberantas virus ini,” tandas Fatimah.

            Sementara itu Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Dinsosdukkbpppa Budi Rahayu SH MM menjelaskan, bantuan masker sebanyak 10 ribu yang pembagiannya bekerjasama dengan PKK kabupaten. Sedangkan untuk pembuatan masker diutamakan pada pemberdayaan kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pemberdayaan perempuan. Dengan harapan pembuatan masker tersebut dapat membantu dan menghidupkan sektor usaha UMKM serta kelompok perempuan.

Dalam penyerahan tersebut, Fatimah Agus Bastian secara simbolis menyerahkan masker kepada 5 kecamatan yakni Kutoarjo, Bayan, Purworejo, Kaligesing, dan Purwodadi.

Berita Terpopuler

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning
News

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning

Rabu, 22 Juli 2020

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning


Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi
News

Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi

Kamis, 16 Juli 2020

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, jumla....


Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan