News

Bupati Purworejo Resmikan Gedung BUMDes Piji

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM berkunjung ke Desa Piji Kecamatan Bagelen, Selasa (18/2/2020). Bersama Wakil Ketua DPRD Frans Suharmaji SE, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi SSos dan sejumlah pimpinan OPD, Bupati hadir untuk meresmikan Gedung BUMDes Harapan Jaya Desa Piji Kecamatan Bagelen. 

Tiba di Desa Piji, Bupati yang juga didampingi Ketua TP PKK Purworejo Ny Fatimah Verena Prihastyari SE disambut pertunjukan kesenian Jathilan Turonggo Seto. Sebelumnya, meresmikan BUMDes, Bupati sempat meninjau Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dikelola BUMDes Desa Piji.

Kepala Desa Piji, Ismail menjelaskan jika luas wilayah Piji seluas 2298 hektar yang sebagian besar merupakan lahan pertanian dengan sistem tadah hujan.

'Mayoritas petani yang menggantungkan adanya air. Mudah-mudahan nanti dalam pembangunan Bendungan Bener dapat cepat rampung, sehingga Purworejo khususnya Bagelen dapat menikmati air yang diidamkan," kata Ismail.

Dikatakan Ismail, gedung BUMDes Harapan Jaya dibangun tahun 2019 menggunakan dana DD sebesar  Rp 160.183.000. BUMDes ini selama ini difungsikan dalam pengelolaan air melalui Pamsimas yang dibangun awal thn 2012. Hingga saat ini yang menggunakan Pamsimas 313 pelanggan.

Kendala yang sering dihadapi terkait pompa air yang sering rusak. Dirinya berharap, pemkab dapat memberi bantuan dalam pengadaan sumur bor.

Selain itu, Desa Piji masih kekurangaan saluran irigasi. saat ini, masih ada sekitar 2000 meter belum terbangun. Warga Piji juga masih banyak yang belum memasang listrik.

"Kalau boleh kami minta bantuan sumur bor dan peralatannya, agar bisa melayani kebutuhan air semua Desa Piji," ujar Ismail.

Bupati saat memberikan sambutan mengatakan jika dirinya merasa senang bertemu masyarakat karena ini merupakan kunjungan pertama dirinya ke Desa Piji. 

"Dengan datang saya jadi tahu apa yang dibutuhkan Desa Piji sehingga bisa kita masukkan dalam program pembangunan kita," ujarnya.

Dengan hadirnya  BUMDes Harapan Jaya yang mengelola Pamsimas, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air Desa Piji. "Tadi saya juga dapat laporan dari Pak Lurah, apa yg diminta Pak Lurah akan kami upayakan dalam program kedepan," imbuhnya. 

Bupati juga berharap seluruh warga Desa Piji bersama ibu-ibu PKK dapat meningkatkan perekonomian warga dengan berbagai kegiatan BUMDes. 

"Dengan hadirnya BUMDes ini mudah-mudahan dapat meningkatkan pendapatan asli desa yang bisa digunakan untuk kegiatan dan pembangunan Desa Piji. Mudah-mudahan BUMDes Harapan Jaya dapat Jaya memenuhi kebutuhan warga Piji," pungkasnya.

Kegiatan ini masuk dalam rangkaian kegiatan Bupati Saba Desa (BSD) di Kecamatan Bagelen. Usai dari Desa Piji, Bupati dan rombongan melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir yakni Desa Soko pusat pelaksanaan BSD.

Berita Terpopuler

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning
News

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning

Rabu, 22 Juli 2020

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning


Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi
News

Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi

Kamis, 16 Juli 2020

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, jumla....


Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan