News

Protokol Dituntut Pahami Regulasi dan Suskeskan Acara

Bagian Humas dan Protokol Setda Purworejo mengadakan Bimbingan Teknis (Bintek) Keprotokolan yang diikuti 84 peserta dari OPD, instansi vertikal, BUMD/BUMN dan Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Purworejo. Bertempat di Ruang Arahiwang Setda, bintek dibuka oleh Asisten Administrasi dan Kesra Drs Pram Prasetya Achmad MM, Rabu (5/2/2020).

Pram Prasetya saat memberikan sambutan mengatakan, jika protokol saat ini dituntut untuk menguasai keseluruhan. Protokol diharapkan dapat berperan sebagai seorang nara sumber, sehingga seluruh regulasi harus dapat dipahami.

“Protokol harus bersikap sigap, paham keseluruhan. Bapak Ibu harus menjadi seorang nara sumber, seluruh regulasi harus paham. Bagaimana tata upacara, dan sebagainya. Peraturan harus dipahami, jangan sampai melanggar regulasi,” kata Pram. 

Pram menambahkan, Protokol juga dituntun tidak hanya sebagai pembawa acara (MC) tetapi harus dapat memastikan dan mengatur sebuah acara berjalan dengan baik.

“Protokol harus memastikan acara dapat berjalan dengan baik. Protokol harus sigap, soundsystem bagaimana, lampu bagaimana dan sebagainya. Protokol harus menjadi bagian bagaimana membuat acara menjadi lancar,” imbuhnya.

Menurutnya, ada hikmah yang bisa diambil dari pengalaman menjadi protokol. Diantaranya terbiasa memahami managerial dan membangun perencanaan. Selain itu, akan terbiasa membangun kapasitas komunikasi. Kemampuan komunikasi adalah hal yang harus dilatih. 

“Kalau kita memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat membantu dalam perjalanan karir kita. Salah satunya saat mengikuti fit n propertest,” ujarnya. 

Menjadi petugas protokol, lanjutnya, juga memerlukan pasion. Yakni rasa puas jika bisa mensukseskan suatu acara, sehingga akan banyak orang yang juga senang acara tersebut sukses.

“Protokol adalah bagian yang konkrit bagaimana menjaga kedaulatan, lambang negara dan simbol-simbol negara,” pungkasnya. 

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Rita Purnama SSTP MM menjelaskan, bintek bertujuan memberikan pemahamam tentang tugas protokol yang sebenarnya. Sampai saat ini, protokol masih dianggap hanya sebagai pembawa acara saja.

Padahal yang sebenarnya, tugas protokol meliputi banyak kegiatan. Diantaranya, tata tempat, tata penghormatan, tata upacara dan sebagainya. “Melalui kegiatan Bintek Keprotokolan ini kita bisa bersama-sama mengelola dan melaksanakan keprotokolan dengan sebaik-baiknya,” terang Rita.

Rita berharap, kedepan diharapkan ada persamaan persepsi pertugas di OPD, instansi vertikal, BUMD/BUMN dan organisasi yang ada di masyarakat untuk kelancaran suatu acara.

Bintek Protokol menghadirkan dua nara sumber, yakni Ditya Pramita Sari SIKom dan Dyah Puspitasari SIKom selaku Pranata Humas Biro Umum Humas dan Protokol Provinsi Jawa Tengah. Materi yang diberikan terkait pengantar keprotokolan dan ruang lingkup keprotokolan.

Berita Terpopuler

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu
News

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu

Kamis, 11 Juni 2020

Honor GTT Terendah Rp 600 ribu


Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit
News

Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit

Rabu, 10 Juni 2020

Pemkab Purworejo segera akan mengakhiri masa tanggap darurat Covid-19 pada 12 Juni 2020.


Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil
News

Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil

Kamis, 11 Juni 2020

Sehari pasca pernyataan pengakhiran masa tanggap darurat Covid-19, muncul kembali 1 kasus positif Co....