News

Masyarakat Diminta Tak Cemas Hadapi Virus Corona

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai langkah antisipasi, sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap merebaknya virus corona. Oleh karena itu masyarakat dihimbau agar tidak cemas menghadapi wabah yang saat ini menghantui dunia.

Hal itu diungkapkan Sekda Purworejo Drs Said Romadhon saat membuka Sosialisasi Penyakit Disebabkan oleh Novel Coronavirus, di Ruang Arahiwang, Selasa (4/2). Sosialisasi diikuti unsur perangkat daerah, kecamatan dan perwakilan kepala desa.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pengguna HP di Indonesia mencapai 116 persen dibanding jumlah penduduk. Sehingga informasi begitu cepat menyebar, meskipun tidak semuanya benar alias hoaks. Termasuk hoaks tentang virus corona, sehingga apabila ada informasi yang belum jelas masyarakat hendaknya mengkonfirmasi kepada instansi yang berkompeten.

 “Kita harus bersyukur karena hingga saat ini belum ada satupun orang Indonesia yang terkena virus corona.” ungkapnya.

Sementara dr Ika Indah Lestariningsih SpKj mengungkapkan WHO telah memberikan arahan untuk mencegah terserang pnemonia akibat coronavirus. Yaitu menghindari kontak dengan hewan liar, selalu menggunakan masker, tidak mengonsumsi daging mentah, menutup hidung dan mulut pada saat ada orang batuk, dan membersihkan badan usai beraktivitas.

“Intinya masyarakat diminta waspada dan melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” katanya. 

Sementara dr Ary Setyowati SpP Mkes menjelaskan adanya gejala-gejala yang harus diwaspadai, antara lain demam, pusing, batuk, bersin dan sesak nafas. Namun gejala-gejala itu juga perlu dikaitkan dengan riwayat yang bersangkutan, apakah baru saja bepergian dari daerah tertentu yang ada penderita dan sebagainya.

Berita Terpopuler

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu
News

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu

Kamis, 11 Juni 2020

Honor GTT Terendah Rp 600 ribu


Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit
News

Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit

Rabu, 10 Juni 2020

Pemkab Purworejo segera akan mengakhiri masa tanggap darurat Covid-19 pada 12 Juni 2020.


Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil
News

Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil

Kamis, 11 Juni 2020

Sehari pasca pernyataan pengakhiran masa tanggap darurat Covid-19, muncul kembali 1 kasus positif Co....