News

Fatimah Verena Lantik Ketua PKK Kecamatan

     Ny Fatimah Verena Prihastyari SE selaku Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo melantik Ketua TP PKK Kecamatan. Masing-masing Ketu PKK Kecamatan Purwodadi Ny Zumariah Hartono dan Ketua PKK Butuh Ny Gelis Utami Ikbal Nugroho SPd. Pelantikan berlangsung di kantor PKK kabupaten pada Selasa (31/12) yang juga disaksikan Camat Purwodadi dan Camat Butuh beserta jajaran pengurus PKK kabupaten dan kecamatan.

            Dalam sambutannya Ny Fatimah Verena Prihastyari mengatakan, jabatan Ketua TP PKK melekat pada jabatan suami. Maka ketika suami menjabat sebagai Camat, Kepala desa, kelurahan, secara otomatis istri juga dilantik sebagai Ketua PKK. Sedangkan jika kepala wilayah perempuan, maka penunjukan Ketua PKK dilakukan kepala wilayah selaku pembina TP PKK. “Sekarang sudah banyak camat, kades, kalur yang dijabat perempuan,” ujarnya.

            Dikatakan, dengan pergantian camat selaku pembina PKK diharapkan akan dapat memberikan kontribusi, motivasi, dalam memberdayakan PKK. Salah satunya terkait anggaran untuk bisa lebih diperhatikan, karena PKK juga menjadi mitra pemerintah yang turut serta mensukseskan program-program pemerintah. “Demikian juga ketika Pak Camat kedesa dan kelurahan, agar dapat mengingatkan khususnya penambahan dana untuk mendukung kelancaran kegiatan PKK, dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK,” tandas Ny Fatimah.

            Terkait program Pokja III kata Ny Fatimah, tentang gemar memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) diharapkan masing-masing rumah bisa budidaya ikan dengan membuat kolam. Untuk pemenuhan gizi keluaga dan untuk mewujudkan hatinya PKK.  “Saya juga berharap masing-masing desa agar membentuk Bank sampah yang dikuatkan dengan Surat Keputusan kepala desa. Kalau sudah terbentu untuk menyampaikan laporan ke PKK kabupaten, sebagai input data,” pintanya.  

Menurutnya, peran perempuan dalam pengelolaan sampah antara lain, sebagai Agent of Change (Agen Perubahan), sebagai Ibu Rumah Tangga, sebagai motivator bagi keluarga dan masyarakat, sebagai patner laki-laki dalam mewujudkan lingkungan yang CIBI ( Cantik Indah Bersih dan rapi), bisa membuka lapangan kerja baru dengan daur ulang. “Bahkan melalui pengelolaan sampah, dapat membantu suami untuk menopang perekonomian keluarga,” tutur Ny Fatimah.

Camat Purwodadi Hartono mengatakan, kegiatan PKK sangat mendukung pemerintah. maka pelaksanaan program kecamatan, harus melibatkan PKK. Seperti dalam pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan keluarga. Karena PKK lebih dekat dengan kaum Ibu baik yang di tingkat desa RW, RT, hingga dasa wisma. Jangkauannya lebih luas dalam menyampaikan program yang terkait demgan kesejahteraan keluarga. “Sedangkan untuk anggaran PKK desa, saya sudah menyampaikan supaya masuk dalam APBDes, yang dapat dirinci dimasing-masing Pokja PKK,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo
News

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo

Jumat, 03 Januari 2020

Mengawali tahun baru 2020, Pemkab Purworejo terus membenahi stuktur Organisasi Perangkat Daerah di L....


Camat dan Kades Diminta Sukseskan PTSL 2020
News

Camat dan Kades Diminta Sukseskan PTSL 2020

Jumat, 27 Desember 2019

pemerintahan


Malam Tahun Baru, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sapa Masyarakat Lebih Dekat
News

Malam Tahun Baru, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sapa Masyarakat Lebih Dekat

Kamis, 02 Januari 2020

Perayaan malam tahun baru 2020, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM beserta Wakil Bupati Yuli Hastut....