News

Bupati Dampingi Kapolda Kunjungi Command Center

 Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menerima kunjungan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel didampingi Pangdam IV/Diponegoro Jawa Tengah Mayjen TNI Mochamad Efendi, di Command Center Diskominfo Kabupaten Purworejo. Kunjungan dalam rangka pemantauan keamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu, salah satunya merninjau ruang  Command Center di komplek Setda pada sore ini Kamis (26/12).

            Bupati mengatakan, Command Center sangat membantu untuk pengamanan di sejumlah titik diwilayah Kabupaten Purworejo. Command Center dilengkapi dengan kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang ditempatkan lokasi-lokasi tertentu, sehingga akan mudah memantau.

            Kapolda Rycko Amelza Dahniel mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Purworejo telah memiliki  Command Center, yang memiliki sarana lengkap sehingga dalam memantau informasi terkait situasi bisa lebih cepat. “Bahkan mungkin, anggota polisi bisa memantau lalu lintas dari sini saja,” kata Kapolda sambil bercanda.

            Plt Kadinas Kominfo Purworejo Stefanus Aan menjelaskan, keberadaaan Command Center sebagai pusat komando untuk melihat situasi di wilayah kabupayten Purworejo.  Terdapat 30 titik kamera CCTV yang bisa dipantau di seluruh wilayah Purworejo, ditambah satu kamera di Alun-alun Purworejo.

Selain bisa mengenali wajah, kecanggihan kamera-kamera cctv tersebut, juga bisa mendeteksi dan melacak nomor polisi kendaraan yang melintas serta ke mana saja rute kendaraan. CCTV itu juga mampu merekam secara otomatis dengan resolusi tinggi selama 1,5 bulan. Jika resolusi diturunkan, lama rekamnya bisa mencapai tiga bulan. Ada tiga tipe kamera yang digunakan, yaitu tipe kamera yang bisa memutar 360°, kamera pengenal wajah (recognize face) dan kamera yang hanya dipergunakan untuk memantau situasi, terhubung dengan kamera milik Dinas perhubungan.

Kunjungan Kapolda dan Pangdam yang langsung mengendarai motor sendiri dengan dikawal beberapa anggota kepolisian tersebut, diawali pemantauan keamanan di Gereja Santa Maria Purworejo yang dilanjutkan ke Command Center. Sekitar 15 menit di Command Center Kapolda beserta romobongan menuju wilayah Kebumen melalui jalan deandels.

Berita Terpopuler

Pemkab Sosialiasikan KMA 494 Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji
News

Pemkab Sosialiasikan KMA 494 Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji

Jumat, 19 Juni 2020

Pemkab Purworejo melalui Bagian Kesra Setda Purworejo mengadakan sosialisasi Keputusan Menteri Agama....


Perbaiki Sejumlah Fasilitas, Puncak Khayangan Sigendol Siap Menerima Wisatawan
News

Perbaiki Sejumlah Fasilitas, Puncak Khayangan Sigendol Siap Menerima Wisatawan

Rabu, 17 Juni 2020

Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM meresmikan pintu gerbang Obyek Wisata Puncak Khayangan Sigendo....


Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 26 Juni 2020

Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan