Seputar Ekonomi

Gali Potensi Desa Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian

Bupati Purworejo melalui Wabup Yuli Hastuti SH mengharapkan masyarakat desa terus menggali potensi desa yang ada guna peningkatan kesejahteraan masyarakat, hal ini disampaikan Wabup dalam kegiatan Bupati Saba Desa di Desa Ngasinan Kecamatan Bener, Selasa (17/12).

Dijelaskan bahwa Desa Ngasinan sudah dikenal dengan industri rumah tangganya yang tergabung dalam beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) antara lain usaha gula semut, keripik pisang dan lainya. Wabup berharap untuk terus ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun pemasarannya.

Tidak hanya di Desa Ngasinan, Wabup juga mengapresiasi semua produk-produk kerajinan UMKM di wilayah Kecamatan Bener, yang merupakan upaya masyarakat menggali potensi yang ada di wilayahnya.

"Masyarakat sudah sadar akan potensi-potensi yang ada di desanya, sekarang tinggal bagaimana mengembangkannya menjadi lebih besar lagi", ujara Wabup.

Menurutnya pengembangan UMKM merupakan kerja bersama, maka ia berharap semua pihak baik dari pelaku usaha maupun instansi terkait dapat berkoordinasi guna menyelesaikan kendala yang ada.

Dirinya juga berharap dengan adanya proyek nasional Bendung Bener serta pengembangan Badan Otorita Borobudur dapat berdampak positif bagi warga Kecamatan Bener. Salah satunya sebagai sarana pemasaran produk-produk UMKM.

"Kedepan saya berharap pelaku UMKM terus berinovasi, mengikuti perkembangan dan permintaan pasar, sehingga dapat bersaing dengan produk luar", harap Wabup. 

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DINKUKMP) Drs Bambang Susilo menyampaikan bahwa Pemkab Purworejo terus berupaya mendorong para pelaku UMKM untuk terus berkembang. Pemkab juga menfasilitasi para pelaku UMKM diantaranya melalui pelatihan UMKM, bantuan sarana prasarana, pemasaran maupun permodalan.

Namun ia berharap para pelaku UMKM juga harus memenuhi persyaratan usaha yang sudah ditentukan seperti adanya izin usaha, sertifikasi produk dan lainnya, guna dapat memaksimal usahanya.

Berita Terpopuler

Hindari Duplikasi Bansos, Dinkominfo Olah Data Penerima JPS
Seputar Ekonomi

Hindari Duplikasi Bansos, Dinkominfo Olah Data Penerima JPS

Jumat, 22 Mei 2020

Tim Dinas Kominfo melakukan pengelolaan dan analisis data JPS