News

Wakil Bupati Tinjau Depot Air Minum AIRIS

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH meninjau pengelolaan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Desa Nglaris Kecamatan Bener Purworejo, Selasa (17/12/2019). Tinjauan di depot air minum isi ulang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini merupakan rangkaian kegiatan Bupati Saba Desa di Kecamatan Bener.

Keberhasilan Pengelola SPAM Desa Nglaris telah tersiar hingga tingkat nasional. Pengembangan air bersih menjadi air minum dalam kemasan dengan nama produk AIRIS, menjadi nilai tambah dari pengelolaan SPAM di desa tersebut.

Turut hadir dalam tinjauan itu Wakil Ketua DPRD Purworejo Yophi Prabowo SH bersama Anggota Komisi C DPRD Purworejo Abdullah dan Rohman, Sekda Drs Said Romadhon serta sejumlah Pimpinan OPD.

Lurah Nglaris Nirman menjelaskan, salah satu program unggulan bagi desanya yakni masyarakat harus mampu memproduksi air bersih untuk dikonsumsi. Terbukti saat ini desanya mampu memproduksi air isi ulang yang dinamai AIRIS (Aire Wong Nglaris).

Meskipun produk lokal, namun Nirman menjamin kualitas air AIRIS tidak kalah dangan produk air isi ulang ternama yang beredar dipasaran. Setiap satu jam, pihaknya bisa memproduksi sekitar 3000 cup.

“Untuk BPOM memang belum, tapi dari hasil pemeriksaan laboratorium  AIRIS dibanding merk ternama kami lebih baik. Saat ini dikemas dengan plastik, kalau pakai botol belum berani,” katanya.

Selain memproduksi air isi ulang kemasan, desanya juga telah mempu membuat PDAM tingkat desa. Setiap rumah tangga di desanya telah memanfaatkan air olahan untuk keperluan sehari-hari.

“Saya berharap agar AIRIS bisa online di Kabupten Purworejo. Saya hanya berdoa iris lebih suci dan bersih. Tinggal bapak ibu di SKPD peduli dan bisa bergandeng tangan dengan kami, kami siap melayani. Mudah-mudahan kita bersama bisa memberkahi masyarakat,” imbuhnya.

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dari masyarakat Desa Nglaris. Dirinya pun mengapresisi keberadaan BUMDes pengelolaan air minum isi ulang. Dirinya berharap kedepan, usahan ini dapat terus berkembang.

“Terkait pengembangan AIRIS kedepan, nnti biar Pak Sekda yang ngurus. Nanti akan dibahas oleh Pak Sekda bersama OPD terkait, namun dengan harga yang tidak terlalu mahal,” kata Wabup.

Berita Terpopuler

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo
News

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo

Jumat, 03 Januari 2020

Mengawali tahun baru 2020, Pemkab Purworejo terus membenahi stuktur Organisasi Perangkat Daerah di L....


Camat dan Kades Diminta Sukseskan PTSL 2020
News

Camat dan Kades Diminta Sukseskan PTSL 2020

Jumat, 27 Desember 2019

pemerintahan


Malam Tahun Baru, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sapa Masyarakat Lebih Dekat
News

Malam Tahun Baru, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sapa Masyarakat Lebih Dekat

Kamis, 02 Januari 2020

Perayaan malam tahun baru 2020, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM beserta Wakil Bupati Yuli Hastut....