inf PURWOREJO BERIRAMA Samakan Persepsi Tentang Pemilukada

News

Samakan Persepsi Tentang Pemilukada

Sekda Drs Said Romadhon yang diwakili Asisten Pemerintahan Sumharjono SSos MM mengapresiasi atas dilaksanakannya sosialisasi Pemilu kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Purworejo. Ini sebagai wahana untuk membangun harmonisasi sekaligus menyamakan pemahaman dan persepsi antar stakeholders terkait, sebagai persiapan awal penyelenggaraan Pemilukada Serentak pada 2020 mendatang.

Ungkapan tersebut disampaikan Sumharjono pada kegiatan  sosialisasi persiapan Pemilu Pemilukada Kabupaten Purworejo tahun 2020, di runag Arahiwang Setda hari ini Senin (18/11). Hadir pula Polres, Bawaslu, KPU, dan dinas instansi terkiat.

Lebih lanjut Sumharjono mengatakan, sebanyak 270 daerah se Indonesia termasuk Kabupaten Purworejo akan menyelenggarakan agenda politik yang sangat penting yakni Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak (Pemilukada) 2020, pada tanggal 23 September 2020 mendatang. tentunya akan menjadi pesta demokrasi kesekian kalinya yang dilaksanakan di era pemilihan umum secara langsung.

“Sehingga saya yakin dengan semakin meningkatnya kedewasaan politik masyarakat, maka kegiatan tesebut akan bisa terlaksana dengan baik, aman, lancar dan sukses. Meski demikian, kita tidak boleh lengah dan mengabaikan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam sebuah perhelatan yang melibatkan banyak orang dengan beragam kepentingan,” ujarnya.

Sumharjono mengingatkan, perlunya terus mendorong masyarakat untuk memberikan peran serta bagi tumbuhnya kesadaran politik dan demokrasi, sehingga perbedaan yang terjadi tidak menimbulkan gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan perpecahan. Setiap perbedaan pola pandang maupun pilihan dalam berpolitik merupakan suatu hal yang wajar dan itu menandai bahwa iklim demokrasi sudah berjalan dengan baik.

Melalui sosialisasi Pemilukada Sumharjono berharap, sejak dini bisa melakukan proses pemetaan sejumlah masalah yang ada terkait penyelenggaraan Pemilukada Serentak 2020 sekaligus mencari solusinya. Pemetaan sejumlah potensi kerawanan konflik sangat diperlukan untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilukada, agar berjalan lebih baik dari perhelatan pemilu dan pilkada sebelumnya. Selain itu, diharapkan dari persiapan sejak dini juga akan mendorong peningkatan partisipasi pemilih.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Sri Setyowati SH MM menjelaskan, kegiatan sosialisasi persiapan Pemilukada Kabupaten Purworejo diikuti sekitar 70 kepala OPD se Kabupaten Purworejo termasuk camat dan Kepala Kelurahan. Tujuannya memberikan pemahaman terkait pelaksanaan dan peraturan Pemilukada.

Berita Terpopuler

Pemkab Purworejo Terima Penghargaan Pendukung Program KUR 2019 Terbaik II
News

Pemkab Purworejo Terima Penghargaan Pendukung Program KUR 2019 Terbaik II

Kamis, 19 Desember 2019

Pemerintah Kabupaten Purworejo menerima penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian....


Sebanyak 32 Pejabat Pemkab Purworejo dimutasi
News

Sebanyak 32 Pejabat Pemkab Purworejo dimutasi

Jumat, 20 Desember 2019

Sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja, sebanyak 32 pejabat Pemkab Purworejo d....


Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo
News

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo

Jumat, 03 Januari 2020

Mengawali tahun baru 2020, Pemkab Purworejo terus membenahi stuktur Organisasi Perangkat Daerah di L....