Seputar Sosial Budaya

Kemensos RI Bantu Kuda Kepang di Desa Kaligintung Pituruh

Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) memberikan bantuan bagi kearifan lokal di Kabupaten Purworejo. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH kepada Kelompok Kesenian Kuda Kepang Sri Lestari Maju Lancar, Rabu (13/11) di Desa Kaligintung Kecamatan Pituruh. 

Turut serta mendampingi penyerahan, Camat Pituruh Yudhie Agung P SSTP, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama SSTP, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsosdukkbpppa Lilos Hapsarasto SSos dan Kasi Rehabilitasi Korban Bencana Alam dan Sosial Dra Dede Yeni I

Disampaikan Wabup Pemerintah Kabupaten Purworejo terus berupaya bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan yang disalurkan untuk desa. Bantuan-bantuan itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk kemajuan desa. 

Selain bantuan dalam bentuk pembangunan fisik bagi desa, juga terdapat bantuan bagi kearifan lokal atau pengembangan kesenian lokal. Seperti halnya bantuan untuk Kelompok Kesenian Kuda Kepang Sri Lestari Maju Lancar ini.

Menurutnya kesenian kuda kepang merupakan kesenian tradisional dan aset desa yang harus dipelihara. Hal ini sangat penting, khususnya di jaman sekarang, dimana arus globalisasi dan budaya asing yang terus menggerus budaya daerah.

"Saya berharap dengan bantuan ini dapat mengembangkan serta melestarikan kesenian kuda kepang di Desa Kaligintung ini" harapnya.

Hal ini juga sejalan dengan program Romansa wisata Purworejo 2020 atau tahun kunjungan wisata di Kabupaten Purworejo. Dimana ajang pentas kesenian kuda kepang bisa menjadi salah satu media untuk menarik simpati wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah.

Namun Wabup juga menghimbau untuk lebih kreatif dalam mengemas kesenian ini. Serta lebih gencar dalam mempromosikannya, misal lewat berbagai media sosial dan lainnya. Karena kekuatan media sosial saat ini sangat besar.

"Terpenting adalah dukungan dari masyarakat sendiri, supaya kesenian kita ini bisa lebih dikenal masyarakat luas", tegas Wabup.

Sementara Ketua Kelompok Kesenian Kuda Kepang Sri Lestari Maju Lancar Suratman mengatakan bahwa total bantuan yang diterima sejumlah Rp 50 juta. Bantuan dari Kemensos RI tersebut diterima melalui Forum Kearifan Lokal Desa Kaligintung.

Adapun bantuan tersebut digunakan untuk pembelian alat-alat pendukung kesenian seperti kuda kepang, peralatan musik serta pendukung lainnya.

"Semoga dengan bantuan ini, kelompok kami bisa nguri-uri budaya serta dapat menghibur masyarakat luas, juga bisa meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku seni", ujar Suratman.

Berita Terpopuler

Bupati Resmikan Masjid At-Taqwa Kaliwatubumi
Seputar Sosial Budaya

Bupati Resmikan Masjid At-Taqwa Kaliwatubumi

Senin, 16 Maret 2020

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meresmikan Masjid At Taqwa Desa Kaliwatubumi Kecamatan Butuh, Mi....


Kirab Budaya, Nguri-Nguri Seni dan Budaya
Seputar Sosial Budaya

Kirab Budaya, Nguri-Nguri Seni dan Budaya

Senin, 09 Maret 2020

Pemkab Purworejo menggelar parade budaya dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purwo....