News

Baznas Berperan Entaskan Warga Miskin

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sangat berpengaruh terhadap pengentasan kemiskinan, Seperti bantuan maupun pelatiham ketrampilan yang dikhususkan bagi warga miskin. Dengan harapan warga miskin akan menjadi lebih baik dalam dalam taraf kesejahteraan secara ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

            Hal tersebut diungkapkan Ketua Baznas Provisni Jawa Tengah KH DR Daroji pada kegiatan koordiansi dan silaturahmi Ketua Baznas Prov Jateng dengan Bupati Purworejo, di ruang Bagelen Setda Purworejo pada Sabtu malam (9/11).  

            Kegiatan koordinasi yang bertema Peran stakeholder dalam peningkatan perolehan zakat, infaq, sodakoh Baznas Purworejo itu, juga dihadiri Bupati yang diwakili Asisten Adminstrasi dan Kesra Drs Pram Prasetyo Achmad MM, Ketua Baznas Kabupaten Ahmad Hamid AK, Kabag Kesra Drs Faturohman MM, dan unsur Kemenag Kabupaten Purworejo.  

            Lebih lanjut Daroji mengatakan, kemiskinan memang menjadi pekerjaan bersama, karena tidak mungkin hanya pemerintah saja tetapi semua harus turut andil menangani.  Dalam hal ini Baznas menyalurkan perolehan dana untuk warga miskin. Sehingga program Baznas dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupten kota terus digencarkan.

“Terutama penggalangan zakat infaq dan sodaqoh dilingkup Aparatur Sipil Negara (ASN).  Juga di lingkup BUMN, BUMD, dan pihak swasta. Kedepan juga akan mengoptimalkan, termasuk rencananya akan melibatkan anggota DPRD, TNI, dan Polri, untuk mendukung program Baznas,” tutur Daroji yang juga sebagai Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah.   

            Dikatakan, terkait tingkat kesadaran berzakat dll, melalui Baznas di kabupaten kota se Jawa Tengah, masih tergolong kurang. Bahkan ada 5 kabupaten kota yang perolehan Baznas sangat rendah. Tentu ini perlu terus disosialisasikan, juga termasuk peran pemerintah daerah kabupaten maupun kota, sangat penting untuk menjadikan ASN dan yang lainnya menjadi bagian dalam budaya berzakat, infaq dan sodaqoh.

            Sementara itu Asisten Pram Prasetyo Achmad mengatakan, Baznas Jawa Tengah merupakan lembaga yang sudah dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah sebagai pengelola dana zakat infaq dan sodaqoh. Sedangkan di Kabupaten Purworejo sudah ada Surat Keputusan Bupati terkait Baznas.

Menurutnya, fungsi Baznas sangat penting, diantaranya untuk pengentasan kemiskinan. Baznas Kabupaten Purworejo menyakurkan santunan untuk fakir miskin, bantuan kaum duafa, dan bantuan Rumah tidak layak huni. “Penyaluran dana ini akan terus dilakukan yang tentu saja, butuh dukunngan perolehan zakat infaq dan sodaqoh, dari semua pihak sehingga program Baznas akan dapat berjalan dengan baik dan kemiskinan dapat ditekan,” jelas Pram.    

 

           

 

 

Berita Terpopuler

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning
News

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning

Rabu, 22 Juli 2020

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning


Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi
News

Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi

Kamis, 16 Juli 2020

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, jumla....


Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan