News

PKK Tak Mau Jadi Penonton Dolalak

TP PKK sebagai mitra pemerintah terus bertekat untuk berperan serta dalam mensukseskan program-program pemerintah Kabupaten Purworejo. Salah satu diantaranya membudayakan kesenian tari dolalak, melalui lomba tari dolalak. Sehingga PKK tidak hanya jadi penonton, namun juga andil sebagai pelestari tari tradisional dolalak.

            Hal itu disampaikan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon pada pembukaan lomba tari dolalak dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK, di kantor PKK kabupaten pada Rabu (23/10). Turut mendampingi pengurus PKK kabupaten Ny Wardani, Ny Anne Marie Bambang, dan sejumlah pengurus PKK kecamatan dan kelurahan.  

            Lebih lanjut Erna Said mengatakan, tari tradisional Dolalak sudah dipatenkan dan menjadi tari tradisional milik Kabupaten Purworejo, yang harus terus dijaga keberadaanya. Kesenian termasuk dalam program pokok PKK yang juga dalam binaan Pokja 1 PKK.  Maka semua masyarakat termasuk kader PKK dapat menjadi bagian untuk melestarikan kesenian tradisional. “Bahkan tidak tanggung-tanggung kader PKK, juga ikut membawakan tari dolalak. Ini sebagai bentuk kepeduliam PKK dalam ikut membudayakan yang dimulai dari kader PKK sendiri,” ujarnya.

            Selain lomba tari dolalak lanjut Ny Erna Said, juga sekaligus dilaksanakan lomba pidato bagi Ketua TP PKK desa. Dalam melaksanakan kegiatan, Ketua TP PKK desa yang mendampingi Lurah/Kepala desa, tentunya akan sering diminta sambutan atau berpidato pada kegiatan PKK desa hingga kegiatan dasa wisma. Dengan lomba ini diharapkan Ketua PKK desa, menjadi terbiasa untuk berpidato sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia maupun bahasa daerah yang benar.

            “Apalagi Bu Lurah sebagai Ketua TP PKK di desanya, juga menjadi publik figur yang diidolakan masyarakatnya. Dari mulai tutur katanya, kemasyarakatannya, pelaksanaan program kerjanya, hingga penampilannya. Maka pandai-pandailah Ketua TP PKK desa dalam bertindak, sehingga dapat menjadi teladan yang baik,” harap Ny Erna Said.

            Sementara itu Ketua penyelenggara Ny Maini Widarto menjelaskan, lomba tari dolalak diikuti 16 peserta dari 16 kecamatan, dengan tampilan setiap grupnya terdiri 4 orang kader PKK desa yang sudah menikah. Lomba tari dolalak bertujuan untuk mengajak para kader PKK mencintai tari tardisional sendiri. Rencana kedepan juga akan diadakan lomba tari tradisional yang lain. Sedangkan lomba pidato, diikuti 16 orang Ketua TP PKK desa yang dipilih oleh kecamatan masing-masing.

Berdasar keputusan Tim Juri yang meraih juara lomba tari dolalak yakni juara 1 Kecamatan Kemiri, II Bruno, III Kecamatan Bayan, dan juara harapan I, II, III, diraih Kecamatan Purworejo, Kaligesing dan Kecamatan Pituruh. Untuk lomba pidato yang meraih juara I Desa Tepansari Kecamatan Loano, II Desa Bandung Kidul Bayan, juara III Desa Kalijambe Kecamatan Bener, dan juara harapan I Desa Tlogorejo Purwodadi, II Wonosari Kemiri, dan juara harapan III Desa Hulosobo Kaligesing.

Berita Terpopuler

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo
News

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo

Rabu, 06 November 2019

Hari Pahlawan tingkat Jateng dipusatkan di Purworejo


Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....