News

Ganjar Ingatkan Pentingnya Sampah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan pentingnya pengelolaan sampah dalam acara Apel Siaga Penyuluh Kehutanan dengan tema Penyuluh Siaga Lingkungan dan Satwa Terjaga, yang berlangsung di kawasan Pantai Jatimalang Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, Rabu (23/10).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Purworejo Agus Bastian, Kepala Dinas LHK Provinsi Jateng Teguh Dwi P, Sekjen IPKINDO Hendro Asmoro dan Forkompimda Kabupaten Purworejo

Ganjar mengungkapkan bahwa sampah adalah sebuah perilaku, karena pengelolaan sampah tanpa merubah perilaku hanya akan menumpuk sampah tanpa ada solusi. Menurutnya hampir sebagian besar sampah belum terpilah antara organik dan non organik. Kedepan ia berharap untuk membangun perilaku tentang sampah, dimulai dari memilah sampah rumah tangga dahulu sebelum dibuang ke tempat pembuangan sampah.

"Karena sampah juga punya nilai ekonomi jika dikelola dengan baik" ujar Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga mengapresiasi para Penyuluh Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang sudah ikut menjaga kelestarian lingkungan dan kehutanan di wilayah Jateng.

"Sesuai dengan program Jateng Ijo Royo-Royo, kita tidak hanya sekedar menanam pohon, tetapi juga menjaga lingkungan dan kebersihan" ungkap Ganjar.

Menurutnya menjaga lingkungan bukan pekerjaan satu atau dua tahun, melainkan pekerjaan terus menerus berkelanjutan. Maka ia berharap para penyuluh untuk terus bekerja sesuai program yang telah dicanangkan.

Sementara Kepala Dinas LH dan Kehutanan Teguh Dwi P menyampaikan dalam laporan penyelenggaraannya, bahwa tujuan utama kegiatan apel adalah meningkatkan kesiapsiagaan Penyuluh LH dan Kehutanan dalam mengadapi berbagai bentuk perkembangan, baik itu perkembangan teknologi, iklim dan sebagainya. Termasuk ancaman terhadap kerusakan lingkungan hidup dan kehutanan. Selain itu juga dalam rangka perwujudan komitmen para penyuluh bersama-sama dalam mendukung program Jateng Ijo Royo-Royo serta tertanamnya semangat kebersamaan solidaritas serta cinta terhadap lingkungan.

Apel Siaga diawali dengan pelepasan tukik dan burung oleh Gubernur beserta rombongan. Juga penyerahan hadiah lomba-lomba antar penyuluh. Serta penyerahan bibit oleh Gubernur kepada perwakilan Desa Jatimalang dan Pokdarwis Jatimalang.

Berita Terpopuler

Putus Penyebaran Covid-19, Pemkab Tutup Area Alun-alun Purworejo
News

Putus Penyebaran Covid-19, Pemkab Tutup Area Alun-alun Purworejo

Minggu, 22 Maret 2020

Dinas Pariwisata dan Budaya (Dinparbud) Kabupaten Purworejo sementara menutup seluruh area Alun-alun....


Purworejo Nyatakan Tanggap Darurat Covid-19
News

Purworejo Nyatakan Tanggap Darurat Covid-19

Jumat, 27 Maret 2020

Kabupaten Purworejo dinyatakan Tanggap Darurat Covid-19 terhitung mulai tanggal 28 Maret 2020 pukul ....


Purworejo Belum Ada Suspek Corona
News

Purworejo Belum Ada Suspek Corona

Kamis, 12 Maret 2020

Purworejo Belum Ada Suspek Corona