News

Jalur PNS Bukan Ukuran Keberhasilan

 Bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), masih menjadi idola para lukusan sekolah yang akan mencari pekerjaan, Maka tidak heran jika setiap dibuka pendaftaran CPNS, pasti akan berbondong-bondong untuk ikut berkompetisi. Tentu tidak semua bisa diterima sebagai PNS, karena keterbatasan jumlah yang dibutuhkan pemerintah. Namun yang perlu dipahami, bahwa jalur PNS bukan satu-satunya ukuran keberhasilan dalam mencari pekerjaan.

            Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH pada Wisuda ke XIV Diploma III Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo yang berlangsung di Hotel Plaza Purworejo. Menurutnya, selain jalur PNS masih banyak jalur-jalur lain untuk bisa mencapai keberhasilan. Bisa dari berbagai jalur, baik swasta, berwirausaha, atau profesi lain. “Jalur swasta dan berwirausaha, sangat memiliki peluang cukup bagus. Tentu dibutuhkan ketekunan, keseriusan, dan kreatifitas, untuk dapat mewujudkannya,” tuturnya.

            Pemerintah Kabupaten Purworejo kata Yuli Hastuti, terus berupaya mengurangi angka pengangguran. Seperti menjalin dengan 30 lebih Perusahaan, baik Perusahaan dilingkup Purworejo sendiri maupun dengan Perusahaan di Indonesia, bahkan juga menjalin kerjasama dengan Perusahaan yang ada diluar negeri. Kerjasama dalam perekrutan tenaga kerja dilakukan setiap satu tahun sekali dengan membuka job fire Kabupaten Purworejo. Maka manfaatkan peluang tersebut, untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah maupun sekolah yang lain.

Yuli Hastuti menambahkan, Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) telah banyak menghasilkan lulusan yang berkualitas. Terbukti alumni Polsa mampu mengisi posisi kerja di lembaga pemerintahan maupun di lembaga swasta seperti Perusahaan, dan lainnya. Ini agar ditingkatkan, sehingga ketika berkompetisi dengan lulusan Perguruan Tinggi yang lain, dapat bersaing dengan baik. Termasuk dalam menjalin kerjasana Polsa dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas. Sebagai peluang dalam mengembangkan gagasan dan inovasi, utamanya dalam pengolahan data dengan menggunakan teknologi informasi.

Yuli Hastuti berharap, wisudawan wisudawati dapat menjadi sarjana yang intelektual untuk dapat bersama-sama dalam membangun daerah. Dalam menerapkan ilmu, bisa melalui berbagai cara. Tidak hanya dalam bekerja, namun dalam menggali potensi diri untuk berkreatifitas juga menjadi kekuatan yang handal dalam menciptakan peluang ekonomi. InsyaAlloh dengan tekad dan semangat yang tinggi, akan mendapat hasil yang baik pula.

Sementara itu Direktur Polsa Purworejo Sapta Aji Srimargituomo Skom MM mengatakan, jumlah wisudawan angkatan XIV ini sebanyak 94 mahasiswa yang kesemuanya mengikuti dengan lancar. Dalam memperkuat lulusan, Polsa telah membekali lulusan dengan beberapa kemampuan bersertifikasi guna menunjang pesaingan di dunia kerja saat ini, ada pun sertifikasi yang diberikan antara lain, sertifikasi kemampuan Bahasa inggris untuk semua program studi, sertifikasi Microsoft Office, dan sertifikasi brevet pajak A dan B.

Demikian jug unuk tahun ini, juga sudah di bekali dengan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI). Pengembangan institusi Polsa terus di lakukan dengan mengembangkan SDM dan program studi. Peningkatan program studi di lakukan dengan meningkatkan akriditasi setiap program studi. Dan hasil visitasi akriditasi program studi administrasi bisnis telah di tetapkan dengan peringkat B, hingga saat ini polsa telah memiliki 2 program studi yang berperingkat B. Polsa juga akan membuka program studi sarjana terapan yakni Sarjana terapan rekayasa perangkat lunak, dan Sarjana terapan perpajakan.

Berita Terpopuler

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning
News

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning

Rabu, 22 Juli 2020

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning


Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi
News

Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi

Kamis, 16 Juli 2020

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, jumla....


Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan