News

Pemkab Purworejo sebagai Pilot Proyek SLRT

Pemerintah Kabupaten Purworejo merupakan satu dari delapan kabupaten kota se Provinsi Jawa Tengah dan merupakan 20 kabupaten kota se Indonesia yang terpilih sebagai pilot proyek program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

            Dari program itu Pemkab Purworejo menerima bantuan Kementerian Sosial RI berupa 50 buah tablet, 4 buah laptop, 3 unit komputer, dan 2 sofware office. Bantuan itu diterima Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH di RM bambu Kuning Purworejo. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Staf ahli menteri sosial RI Drs Asep Sasa Purnama Msi, pada kegiatan peningkatan kapasitas penyelenggara SLRT dan Pusat kesejahteraan sosial (Puskesos).

Wabup Hj Yuli Hastuti dalam sambutannya sangat mengapresiasi Kemensos yang telah memilih Kabupaten Purworejo sebagai salah satu kabupaten yang menjadi sasaran program penyelenggaraan SLRT dan Puskesos, di tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan. i pilot proyek. “Kami mengapresiasi atas kebijakan Kemensos RI yang telah menunjuk Kabupaten Purworejo sebagai pilot proyek untuk Progam SLRT,” tandasnya.

Disamping itu SLRT dan Puskesos, sebagai layanan informasi data masyarakat miskin yang dapat diakses, sekaligus sebagai upaya untuk menurunkan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Purworejo. “Meskipun angka kemiskinan di Kabupaten Purworejo sudah turun. Namun Pemkab terus berupaya untuk meminimalkan angka kemiskinan. Termasuk salah satunya dengan adanya program SLRT dan Puskesos,” tutur Yuli Hastuti,

Dikatakan, SLRT dan Puskesos nantinya selain memberikan layanan data dan informasi, juga akan menampung dan menyelesaikan permasalahan sosial di tingkat desa kelurahan. Permasalahan sosial yang ada, akan langsung bisa terhubung dengan kemensos RI. “Untuk itu saya harapkan, masyarakat desa dan kelurahan dapat memanfaatkan layanan SLRT dan Puskesos dengan sebaik-baiknya. Sehingga permasalahan-permasalahan sosial yang ada dapat diatasi sedini mungin. Juga bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS),” harapnya.

Sementara itu Asep Sasa Purnama menjelaskan, progam SLRT ini untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan persoalan sosial yang masyarakat hadapi dan memudahkan masyarakat dalam  mencari informasi. Seringkali masyarakat kita hanya untuk menyampaikan dan mencari informasi tentang persoalan yang dihadapi harus datang ke beberapa SKPD. Dengan SLRT ini kita akan memudahkan masyarakat kehidupannya belum sejahtera, ini kita fasilitasi.

“Yang perlu ditekankan dalam penyelenggaraan SLRT ini, komitmen kerjasama dan kerja yang optimal, untuk menanggulangi kemiskinan. Diharapkan kegiatan SLRT dan Puskesos ini, akan semakin memperkokoh komitmen, semangat kerjasama, dan keberpihakan semua pihak baik pemerintah, swasta, lembaga masyarakat, dan lainnya dalam mengentaskan warga miskin dan mereka yang tertinggal,” ujar Asep.

Kepala dinsosdukkbpppa dr Kuswantoro Mkes melaporkan, kegiatan peningkatan kapasitas penyelenggara SLRT dan Puskesos diikuti sekitar 150 0rang dari perwakilan kecamatan desa kelurahan. Program ini akan dilakukan secara bertahap yakni di Kecamatan Kutoarjo.  

 

 

 

Berita Terpopuler

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo
News

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo

Rabu, 06 November 2019

Hari Pahlawan tingkat Jateng dipusatkan di Purworejo


Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....