News

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan

Desa Kemanukan Kecamatan Bagelen mengemas kegiatan selamatan/merti desa menjadi atraksi budaya menarik, beberapa waktu lalu. Konsep ini dimaksudkan untuk lebih mengangkat kegiatan rutin itu menjadi sebuah sajian yang layak ditonton. 

Memiliki konsep yang sama dengan tradisi 2 tahunan Desa Somongari Kecamatan Kaligesing, Jolenan, masyarakat biasanya hanya menggelar selamatan tingkat pedukuhan. Sajian yang dibawa dipilih untuk dibawa ke balai desa dan dilakukan doa bersama dengan mendatangkan perwakilan pedukuhan. 

Berbeda dengan Somongari, di Kemanukan ada tampilan kesenian tayub dimana penari tayub akan menghibur masyarakat dan berpasangan dengan Perangkat Desa maupun tokoh masyarakat. Penutup kegiatan di gelar malam harinya dengan tampilan wayang kulit semalam suntuk. 

Khusus di tahun 2019, masyarakat sedikit mengubah rutinitas itu menjadi sebuah atraksi budaya. Perubahan konsep ini tidak meninggalkan inti dari merti desa. Adapun gelaran tambahan yang dilakukan dengan menggelar Festival Budaya Lokal. 

Fokus pada pawai budaya pasca diadakan selamatan, masyarakat turun ke jalan dengan membawa aneka hasil bumi. Selain itu, jenis kesenian yang masih lestari di desa itu turut dilibatkan mulai dari seni kuda kepang, Ande-ande Lumut, dolalak, rebana dan lainnya. 

Ketua panitia festival sekaligus merti desa, Sugiyatno mengatakan selamatan itu dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan rejeki berupa hasil bumi yang diperoleh warga. 

"Festival budaya lokal sendiri dimaksudkan menggarak seluruh hasil bumi sekaligus bentuk hiburan kepada masyarakat," kata Sugiyatno didampingi Kepala Desa Suhardi. 

Kegiatan ini mendapat apresiasi khusus dari Pemerintah Kabupaten Purworejo. Bupati Agus Bastian SE MM yang berhalangan hadir diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Agus Ari Setiyadi SSos. Tampak hadir pula Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agung Wibowo AP serta Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Drs Bambang Sadyo Hastono MH, Camat Bagelen Bambang S Budoto SSos dan unsur forum pimpinan kecamatan Bagelen. 

Agus Ari Setiyadi dalam pesannya mengungkapkan merti desa menjadi bentuk pelestarian budaya dari masyarakat. Rasa syukur yang diwujudkan dengan aneka makanan dan hasil bumi merupakan bentuk ungkapan terima kasih warga kepada Sang Pencipta. 

"Terselenggaranya acara seperti ini menjadi bentuk kebersamaan antara Pemerintah dan warga. Semua harus tetap dijaga dengan baik," kata Agus. 

Kepala Dinparbud Agung Wibowo memberikan apresiasinya dimana ada kepedulian dari masyarakat untuk lebih mengangkat nilai tradisi yang dimiliki. Dikemas menjadi sebuah atraksi budaya akan semakin memperkuat program Bupati yakni Romansa Purworejo 2020. 

"Adanya event budaya akan memperkaya Purworejo. Saya harapkan ini akan menjadi kalender rutin sehingga saban tahunnya jumlah pengunjung yang turut melihat event ini semakin meningkat," tambah Agung. 

Kepala Kesbangpol Bambang Sadyo Hastono menilai keberagaman menjadi kekuatan Desa Kemanukan. Meski memiliki perbedaan pandangan agama dan kepercayaan, mereka mampu menyelenggarakan event budaya yang relatif besar. 

"Bersama menggelar 1 acara budaya amat menarik. Ini menjadi bentuk perwujudan Persatuan dan Kesatuan masyarakat," kata Bambang seraya mengatakan jika Kemanukan merupakan desa yang mengantongi predikat Desa Percontohan Kerukunan Umat Beragama karena keberagaman agama dan kepercayaan yang dianut warganya

Berita Terpopuler

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco
News

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco

Kamis, 19 September 2019

pemerintahan


Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44
News

Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44

Selasa, 01 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM hadir dalam peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44, Se....


Wakil Bupati Buka Festival Hadroh Pelajar di Polsa Kutoarjo
News

Wakil Bupati Buka Festival Hadroh Pelajar di Polsa Kutoarjo

Selasa, 08 2019

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH membuka Festival Hadroh Pelajar se Kabupaten Purworejo di Pol....