News

Wakil Bupati Buka Festival Hadroh Pelajar di Polsa Kutoarjo

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH membuka Festival Hadroh Remaja se Kabupaten Purworejo di Kampus Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo, Selasa (8/10). Festival diikuti 16 group hadroh remaja dari SMA/SMK se Kabupaten Purworejo.

Hadir, Pembina Yayasan Polsa Dr H Mulyadi Nitisusastro SE MM, Ketua Yayasan Polsa Tin Partini, Direktur Polsa Sapta Aji Sri Margiutomo SKom MM, Wakil Direktur Polsa Agus Dwi Atmoko SE MM dan Pengurus BEM Polsa Kutoarjo. 

Wabup memberikan apresiasi yang tinggi kepada BEM Polsa yang menggelar Festival Hadroh Remaja 2019. Dalam era globalisasi saat ini, seni budaya asing yang kurang sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa, seringkali menggerus seni budaya lokal yang ada dan telah lama berkembang ditanah air. Banyak kebudayaan lokal yang tidak mampu menjadi tuan rumah di tengah persaingan kebudayaan yang berkembang pada masa kini. 

Sebaliknya, beberapa produk-produk kebudayaan asli Indonesia yang seakan mati suri di negeri sendiri, justru berkembang dan diapresiasi dengan baik di negeri asing. Sehingga tidak sedikit yang hendak diakui dan dipatenkan sebagai kebudayaan milik negara tersebut. 

Menurutnya sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban seluruh rakyat Indonesia, untuk senantiasa mengembangkan produk budaya lokal agar tetap lestari di negeri sendiri. Karena di tengah arus perubahan dan pengaruh budaya barat, tidak menutup kemungkinan seni hadroh sebagai salah satu seni budaya bangsa yang Islami, lambat-laun akan ditinggalkan masyarakat. 

Karena itu, perlu kiranya dilakukan pelestarian oleh seluruh komponen masyarakat khususnya umat Islam, termasuk melalui kegiatan-kegiatan seperti Festival Hadroh Remaja ini.

"Seni Hadroh juga merupakan salah satu wahana untuk berdakwah, karena di dalamnya mengandung pesan-pesan moral dan keagamaan. Melalui seni yang merupakan sebuah bahasa universal dan  menghasilkan jiwa-jiwa yang lembut, dakwah yang dilakukan akan menghasilkan sikap keber-agama-an yang lembut dan santun," kata Wabup.

Sapta Aji Sri Margiutomo selaku Direktur Polsa menjelaskan, festival hadroh digelar dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 18 Polsa Kutoarjo yang jatuh pada 27 Agustus. Rangkaian peringatan Dies Natalis polsa akan diakhiri pada kegiatan wisuda pada 16 Oktober mendatang.

Dikatakan Sapta, peserta yang terdaftar mengikuti festival sebanyak 16 group dari SMA SMK di Purworejo. Diharapkan dengan gelaran festval ini dapat memupuk iman islam. Meskipun, ditengah-tengah cobaan teknologi, diharapkan tetap dapat menguatkan iman dan islam kita bersama.

Berita Terpopuler

Pemkab Purworejo Perpanjang Masa Tanggap Darurat Covid-19
News

Pemkab Purworejo Perpanjang Masa Tanggap Darurat Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020

Kabupaten Purworejo memperpanjang masa Tanggap Darurat Covid-19 selama 14 hari, terhitung mulai tang....


Layak Dicontoh, Lingkungan Dukung Isolasi Mandiri
News

Layak Dicontoh, Lingkungan Dukung Isolasi Mandiri

Rabu, 13 Mei 2020

Layak Dicontoh, Lingkungan Dukung Isolasi Mandiri


Jumlah Positif Covid-19 Tinggi Bukan Aib yang Harus Ditutupi
News

Jumlah Positif Covid-19 Tinggi Bukan Aib yang Harus Ditutupi

Senin, 18 Mei 2020

Jumlah Positif Covid-19 Tinggi Bukan Aib yang Harus Ditutupi