News

Membangun Semangat Religi, Purworejo Gelar MTQ

Pemkab Purworejo menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Ke 34 dan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Umum Ke 28 Tingkat Kabupaten Purworejo. MTQ dibuka secara resmi oleh Bupati Purworejo diwakili Asisten Pemerintahan Setda (Asisten I Sekda) Sumharjono SSos  Pendopo Agung Purworejo, Rabu (2/10).

Asisten I dalam sambutannya menjelaskan jika MTQ  merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat.

Even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Penyelenggaraan MTQ selain diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan Al Qur'an juga digunakan untuk menilai dinamika aktifitas pembinaan seni membacaAl Qur’an di Kabupaten Purworejo. Sekaligus untuk mencari qori-qoriah muda yang potensial agar bisa membawa nama harum Kabupaten Purworejo di level yang lebih tinggi.

Sumharjono menambahkan, keluhuran nilai-nilai ajaran Al Qur'an sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat harus ditumbuh-kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal. Termasuk diantaranya melalui MTQ yang diselenggarakan secara berjenjang hingga tingkat internasional.

Menurutnya kegiatan MTQ merupakan kegiatan syiar keagamaan yang perlu dimaknai lebih komprehensif terhadap nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya. Diharapkan kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata.

Sumharjono berpesan kepada Dewan Hakim untuk selalu bersikap netral dan obyektif dalam memberikan penilaian, agar hasilnya sesuai harapan. Siapapun yang menjadi juara haruslah peserta yang memang memiliki kualitas terbaik.

Ketua Panitia MTQ Uan Abdul Hanan menerangkan bahwa juara dari 198 peserta even tingkat kabupaten ini, selanjutnya akan dikirim menuju tingkat provinsi.

Dalam even yang digelar 2 Oktober‘19 di pendopo Kabupaten Purworejo ini, Kecamatan Purworejo berhasil meraih peringkat juara umum dengan perolehan skor 24 dan 9 tropy.

[ Untuk penetapan pembaca terbaik I, II  dan III cabang tartil qur’an, tilawatil qur’an dan hifdzil qur’an bisa di download disinihttps://drive.google.com/open?id=11cHdL4ZCQXfwRu3oxP11D_3jUeg7UVkg ]

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....


Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan
News

Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan

Jumat, 22 November 2019

Saba Desa di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Purworejo, Rabu (20/11/2019), Bupati Purworejo Agus Bas....