inf PURWOREJO BERIRAMA Optimalkan IT Desa, Kutoarjo Gandeng Polsa Aji

News

Optimalkan IT Desa, Kutoarjo Gandeng Polsa Aji

Upaya untuk menuju pelayanan yang cepat dan tepat, Kecamatan Kutoarjo menggandeng Politeknik Sawunggalih Aji dalam mengoptimalkan Informasi Tehnologi (IT) Desa, juga sekaligus melaunching Solid Center Layanan Konsultasi Pengelolaan Dana Desa. Kerjasama dan Launching tersebut diresmikan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH di Kecamatan Kutoarjo.

Kerjasama dalam IT terkait sosialisasi E-proposal, dan Solid center layanan konsultasi merupakan terobosan baru dalam mengembangkan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Kuotarjo. Dengan ditandai pengguntingan pita oleh Wabup Hj Yuli Hastuti SH, solid center layanan konsultasi siap dioperasikan. Hadir Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa (Dinpermasdes) Agus Ari Setyadi SSos, Direktur Politeknik Sawungga;ih Aji Sapta Aji Skom MM, Camat Kutoarjo Sumarjana SSos, Forkopimcam, Sekcam Galuh Bakti Pertiwi SSTp, dan dinas instansi terkait.  

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengapresiasi dan sangat mendukung dilaksanakannya kerjasama Kecamatan Kutoarjo dengan Politeknik Sawunggalih Aji serta Sosialisasi e-proposal. “Mudah-mudahan dengan berbagai kegiatan ini, bisa mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan melalui pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi. Program ini nantinya juga dapat sebagai pengontrol pelaksanaan pengelolaan dana desa. Sehingga dapat mengurai permasalahan yang terkait penyerapan maupun laporan adminsitrasinya. Diharapkan desa akan semakin maju dan sejahtera,” tuturnya.

Dikatakan Yuli Hastuti, adanya kerjasama dengan Politeknik Sawunggalih Aji dan keberadaan Solid Center ini, pengelolaan dana desa akan semakin baik, sehingga kesalahan atau penyimpangan dalam pengelolaan dana desa akan bisa dieliminir. Dengan demikian diharapkan nantinya tidak ada satupun desa yang mengalami persoalan hukum terkait pengelolaan dana desa. “Program ini kedepannya akan dapat berjalan secara efektif, dan ada pemberdayaan Sumberdaya manusia perangkat desa dalam penguasaan Informasi Tehnologi. Tentunya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance),” harapnya.

Camat Sumarjana SSos mengatakan, kegiatan kerjasama dengan Politeknik Sawunggalih Aji dan launching solid center layanan konsultasi disaksikan Kepala Desa/Kepala Kelurahan se Kecamatan Kutoarjo, tokoh masyarakat, dan instansi terkait. Sedangkan kerjasama dan launching dimaksudkan supaya desa dapat lebih maju dalam memanfaatkan adanya informasi tehnologi, juga dalam pengelolaan dana desa dapat berjalan sesuai regulasi. Bahkan layanan konsultasi sudah ada ruangan tersendiri, sehingga memudahkan berkonsultasi,” ujarnya.

Sementara itu Sekcam Galuh Bakti Pertiwi mengaku, masih belum termanfaatkan dengan baik informasi tehnologi di pemerintahan desa, dan juga masih ditemui pengelolaan dana desa yang kurang tepat sasaran, dan pelaporan berupa surat pertanggungjawaban (SPJ) yang tidak tepat waktu, dll. Maka dibuat inovasi untuk sosialisasi E-proposal dan juga solid center layanan konsultasi sebagai wadah untuk kejelasan terkait pengelolaan dana desa.

Targetnya kata Galuh, semua desa kelurahan di Kecamatan Kutoarjo memahami informasi tehnologi, sehingga pelaksanaan administrasi tertentu dapat secara online baik dari kecamatan ke desa maupun sebaliknya. Kerjasama Polsa Aji dalam IT yakni akan melakukan pembuatan aplikasi dan pendampingan desa.  

Sedangkan Tim pendampingan dana desa di tingkat kecamatan dengan sistem cluster, yang bertujuan agar pendampingan menjadi lebih fokus. Ada 4 cluster pendampingan yakni cluster I meliputi Desa Tursino, Kaligesing, Wirun, Karangrejo, Sukoharjo. Cluster II meliputi Desa Kemadulor, Tepuskulon, Tepuswetan, Pacor, Tunggorono. Cluster III meliputi Desa Majir, Kepuh, Purwosari, Karangwuluh, Kuwurejo. Cluster IV meliputi Desa Sidarum, Tuntungpait, Kebondalem, Pringgowijayan, dan Kiyangkongrejo

 

 

Berita Terpopuler

Pemkab Purworejo Terima Penghargaan Pendukung Program KUR 2019 Terbaik II
News

Pemkab Purworejo Terima Penghargaan Pendukung Program KUR 2019 Terbaik II

Kamis, 19 Desember 2019

Pemerintah Kabupaten Purworejo menerima penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian....


Sebanyak 32 Pejabat Pemkab Purworejo dimutasi
News

Sebanyak 32 Pejabat Pemkab Purworejo dimutasi

Jumat, 20 Desember 2019

Sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja, sebanyak 32 pejabat Pemkab Purworejo d....


Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo
News

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo

Jumat, 03 Januari 2020

Mengawali tahun baru 2020, Pemkab Purworejo terus membenahi stuktur Organisasi Perangkat Daerah di L....