News

Bupati Beri Apresiasi Atas Dedikasi Pendonor Darah Purworejo

Sebanyak 150 pendonor menerima penghargaan donor darah sukarela dari PMI Kabupaten Purworejo. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM saat acara temu donor darah PMI Kabupaten Purworejo tahun 2019 di Pendopo Agung Purworejo, Selasa (1/10).

Bupati pada kesempatan itu memberikan penghargaan yang tinggi kepada para pendonor darah, atas dedikasinya yang sangat tinggi terhadap kemanusiaan. Penghargaan kepada pendonor darah sukarela dari Kabupaten Purworejo ini merupakan bentuk apresiasi terhadap para pejuang kemanusiaan.

“Peran bapak ibu senantiasa kami harapkan, apresiasi kepada bapak ibu yang berkali-kali mendonorkan darahnya. Ini merupakan bentuk sosial warga kepada masyarakat Purworejo yg membutuhkan,” katanya.

Menurutnya, penghargaan sebagai pahlawan kemanusiaan ini sudah sepantasnya diberikan kepada pendonor darah sukarela. Mengingat para pendonor tersebut telah menyumbangkan darahnya dengan ikhlas tanpa pamrih.

Bupati menambahkan jika melihat jumlah anggota donor darah sukarela di PMI Kabupaten Purworejo yang aktif mencapai 4500  orang, menunjukkan bahwa kepekaan dan kepedulian sosial masih dimiliki oleh masyarakat Purworejo.

“Saya sangat berharap baik dari paguyuban donor darah sukarela, keluarga besar PMI maupun masyarakat Purworejo, untuk dapat terus mendonorkan darahnya,” imbuhnya.

Bupati juga berharap kepada PMI Kabupaten Purworejo, untuk terus berupaya meningkatkan jumlah persediaan darahnya melalui kerjasama dengan berbagai pihak. PMI juga harus meningkatkan pelayanan donor darah, sehingga masyarakat akan merasa lebih senang dan nyaman dalam mendonorkan darahnya.

Ketua PMI Kabupaten Purworejo Drg Ernawan Cahyo MM menjelaskan,  dari 150 orang tersebut 76 orang mendonor darahnya lebih dari 10 kali. Sebanyak 50 orang 25 kali donor, 10 orang sebanyak 50 kali, 6 orang sebanyak 75 kali dan 8 orang mendonorkan lebih 100 kali.

“Apabila menyumbangkan darahnya 100 kali berarti sudah menyumbangkan darah kurang lebih 30 liter. Sudah tidak terhitung berapa jiwa yang sudah tertolong jiwanya diselamatkan,” katanya

Delapan orang yang telah mendonorkan lebih 100 kali telah memberikan darahnya dalam rentang waktu 25 sampai 30 tahun. Mereka akan diusulkan untuk menerima penghargaan dari Presiden RI.

Menurut Ernawan, donor darah bisa menjadi lifestyle atau gaya hidup yang sehat karena status kesehatannya selalu terpantau dan diperiksa sebelum mendonorkan darahnya.

Sementara itu, Yustinus Kardi pendonor asal Cangkrep Lor menerangkan jika dirinya yang berusia 56 tahun hingga saat ini telah mendonorkan darahnya sebanyak 105 kali. Dirinya bertekad, selama merasa badannya masih sehat akan terus melakukan donor darah. Dirinya rutin selama tiga bulan sekali melakukan donor darah sejak duduk dibangku sekolah hingga saat ini.

“Karena saya orang kesehatan, dan dahulu pernah bekerja di RS Karyadi banyak pasien yang membutuhkan kesulitan mencari darah. Sehingga dirinya tergerak  dan lebih termotifasi untuk mendonorkan darahnya,” terang Kardi.

Dirinya mengajak kepada masyarakat Purworejo yang berbadan sehat agar dapat mendonorkan darahnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Menurutnya di Purworejo masih banyak warga yang membutuhkan, diantaranya ibu yang melahirkan, anak yang anemia dan kecelakaan.

 

Berita Terpopuler

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco
News

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco

Kamis, 19 September 2019

pemerintahan


Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44
News

Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44

Selasa, 01 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM hadir dalam peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44, Se....


Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan
News

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan

Rabu, 09 2019

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan