News

Anggaran PKK Desa Agar Ditingkatkan

Keberadaan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa yang memiliki cakupan program yang luas sampai ke tingkat Dasa Wisma, sangat membantu pemerintah desa dalam melaksanakan program pembangunan. Masih ada TP PKK desa yang belum mendapatkan perhatian, terutama dalam hal anggaran.

            Ungkapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, pada kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 di Pendopo Kabupaten, Kamis (26/9). Hadir perwakilan Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Ny Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE, Ny Dra Erna Setyowati, dan dinas instansi terkait.

            Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, perlunya TP PKK Kabupaten dan TP PKK Kecamatan ikut mengawal usulan peningkatan alokasi anggaran untuk kegiatan PKK di masing-masing desa. “Saya titip kepada PKK Kabupaten dan Ketua PKK Kecamatan. Supaya bisa dipantau lewat Ketua TP PKK Kecamatan, karena saya sudah pesen langsung pada para kepala desa baru saat pembekalan agar anggaran untuk PKK di masing-masing desa ditingkatkan,” tandasnya.

Dikatakan, peningkatan alokasi anggaran untuk kegiatan PKK sangat diperlukan. Mengingat PKK memiliki kegiatan yang sangat banyak, meliputi 10 program PKK, dari mengurusi sejak anak sebelum lahir di kandungi, lahir, hingga megurusi lansia. Kegiatan-kegiatan PKK tersebut sangat membantu sekali bagi pemerintah. Karena desa mendapat bantuan dari pusat, DD (dana desa), ADD (alokasi dana desa), provinsi dan kabupaten.

“Jadi kalau penganggaran (untuk PKK) tahun ini masih sedikit, silahkan untuk ditingkatkan dianggarkan bersama-sama dengan pengurus PKK desa setempat, dan harus manfaat untuk masyarakat di desa masing-masing, untuk kesejahtaraan,” tuturnya.

Sementara itu Fatimah Verena Prihastyari dalam sambutannya, meminta seluruh jajaran TP PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader Dasawisama, karena kepada mereka terletak fungsi kinerja dari program-program PKK agar tetap selaras dengan program-program pemerintah.

Ketua panitia Erna Setyowati Said Romadhon mengatakan, peringatan HKG ini dirangkai dengan kegiatan peningkatan SDM TP PKK yang diikuti 500 orang.  Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran anggota TP PKK dan kader PK serta masyarakat untuk lebih tau, mau dan mampu melaksanakan program pokok PKK serta terus aktif mendukung program PKK.

Dalam peringatan HKG tersebut, juga dibacakan empat pengurus TP PKK Kabupaten Purworejo yang menerima Penghargaan Adibakti Utama dari Ketua Umum PKK Pusat yang diterimakan di Padang. Ke empat pengurus itu dinyatakan telah mengabdikan di PKK selama 25 tahun. Masing-masing Ny Maini Widarto, Ny Hartiti Soekoso, Ny Endang Wahyuningsih Insanto, dan Gondo Sumarno. Penghargaan Adibakti Utama tersebut disematkan kembali oleh Wabup Yuli Hastuti.

Berita Terpopuler

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning
News

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning

Rabu, 22 Juli 2020

Positif Tembus 100 Orang, Gugus Tugas Beri Warning


Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi
News

Kasus Positif Bertambah, Pasar Suronegaran Akan Disterilisasi

Kamis, 16 Juli 2020

Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL mengungkapkan, jumla....


Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 24 Juli 2020

Positif Covid-19 Tambah 15 Orang, Masyarakat Wajib Jalankan Protokol Kesehatan