News

Perlunya Perbanyak Pelatihan Keterampilan

Kualitas sumberdaya manusia terus dibutuhkan, tidak saja secara akademik namun skill juga menjadi penting untuk terus dikembangkan. Salah satunya seperti kegiatan keterampilan berbasis kompetensi ini sebagai terobosan kedepan dalam meminimalkan pengangguran. Maka perlunya memperbanyak pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan.

 Hal itu disampaikan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, pada kegiatan pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi non institusional (MTU) di UPT BLK Dinperinaker Kabupaten Purworejo pada Kamis (26/9). Turut mendampingi Kepala Dinas Perinaker Gatot Suprapto SH, Sekretaris Pracoyo SSos, Kepala Desa, dan dinas instansi terkait.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, pelatihan keterampilan dapat memacu semangat masyarakat untuk berkreatif mengembangkan bakat dan kemampuan. Sehingga bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki desa, baik potensi alamnya maupun potensi yang lain yang untuk dikemas menarik. Tentu saja yang akan meningkatkan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.  

Gatot Suprapto SH mengatakan, pelatihan keterampilam ini bertujuan  untuk peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Purworejo. Juga untuk menambah pengetahuan dan agar memiliki skill. “Nantinya para peserta pelatihan, diharapkan dapat mengimplementasikan hasil yang diperoleh dalam mengikuti pelatihan. Sehingga peserta dapat mengembangkan usaha produktif sesuai bidang jenis usaha masing masing. Ini akan dapat mengurangi pengangguran,” ujarnya.

Sementara itu Kepala UPT BLK Dinperinaker Sudarman SSos mengatakan, pelatihan ini merupakan pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi yang dilaksanakan di daerah (MTU), dan diikuti oleh 80 peserta, yang terbagi menjadi 5 paket, dengan rincian 16 peserta per paket.

Untuk 5 paket keterampilan antara lain, Pengelolaan Administrasi Perkantoran, di Desa Bulus Gebang, Menjahit Pakaian Sesuai Style, di Desa Kalisemo, Loano, Servis Sepeda Motor Konvensional, di Desa Karanggedang, Bruno, Pembuatan Desain Grafis, di Desa Mudalrejo, Loano, dan Pembuatan Roti dan Kue, diselenggarakan di Desa Pelutan (Kampung KB), Gebang. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 24 hari hingga Sabtu (19/10).

Berita Terpopuler

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu
News

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu

Kamis, 11 Juni 2020

Honor GTT Terendah Rp 600 ribu


Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit
News

Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit

Rabu, 10 Juni 2020

Pemkab Purworejo segera akan mengakhiri masa tanggap darurat Covid-19 pada 12 Juni 2020.


Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil
News

Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil

Kamis, 11 Juni 2020

Sehari pasca pernyataan pengakhiran masa tanggap darurat Covid-19, muncul kembali 1 kasus positif Co....